ITNY kembali meraih prestasi di Lomba Karya Tulis UNY 2019

30-09-19 Admin 0 comment

Pasca perubahan dari STTNAS, mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) terus mengukir prestasi. Tim Inovasi Teknologi Pengupas Kerang (ITPK) ITNY berhasil meraih juara 3 di Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional pada kegiatan Engineering, Research, and Innovation Competition (ERIC) 2019 di Unversitas Negeri Yogyakarta (UNY), 26 – 28 September 2019.

Tim ITNY beranggotakan Unggul Prabowo, Renanda Herlian, dan Agung Prakoso Wicaksono. Mereka mahasiswa terbaik yang telah meraih prestasi di tingkat nasional. Kegiatan LKTI mengusung tema “Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Sebagai Agent of Change Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals 2030”. Tim ITNY menggagas Inovasi Pengupas Kerang guna mewujudkan SDGS 2030 di bidang ekonomi, kesehatan, dan pemberantasan kemiskinan. Sebelumnya, Tim IPTK ITNY ini juga masuk dalam PIMNAS non PKM 2019.

Ketua Tim ITPK ITNY Unggul Prabowo mengatakan bahwa masalah kesehatan dan kemiskinan adalah faktor utama terhambatnya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Sebuah inovasi teknologi pengupas kerang dapat memajukan sektor industri kecil menengah dan mengembangkan ekonomi masyarakat Indonesia. “Kami berharap produk inovasi mahasiswa ITNY mampu mendukung Pemerintah dalam membangun Indonesia secara mandiri”, kata Unggul.

Kasub bag Kemahasiswaan dan Alumni (BKA)  sekaligus pembina Tim IPTK, Rizqi Muhammad Mahbub, ST., MT., menjelaskan bahwa ITNY memiliki visi Technopreneur in Future Energy bisa diwujudkan dengan karya kreativitas dan inovasi dari mahasiswa untuk membangun kemandirian teknologi di Indonesia. “BKA ITNY mendukung mahasiswa yang mandiri, kreatif, inovatif, dan bermental wirausaha”, jelas Mahbub.

LKTI ERIC 2019 adalah acara yang digelar oleh Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Peserta finalis adalah Institut Teknologi Bandung (3 tim), Universitas Negeri Yogyakarta (2 tim), Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Surabaya, dan ITNY. Pada LKTI ERIC 2019 ini, juara 1  dan 2 diraih oleh tim IPB dan ITS, sementara juara harapan diraih oleh ITB dan USU.