Tim Astrobot ITNY lolos seleksi wilayah pada KRTMI

Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Robotik dan IoT Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) berhasil lolos seleksi wilayah pada Kontes Robot Indonesia (KRI) divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Tim Robot ITNY Bernama ASTROBOT dengan beranggotakan 4 mahasiswa Teknik Elektro dan 3 mahasiswa supporting.
Kompetisi ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek dan digelar secara daring pada 27 Mei – 1 Juni 2024 untuk seleksi wilayah. KRI ini merupakan kegiatan tahunan dalam bidang Rancang bangun dan rekayasa robotika.
Tim Astrobot diketuai oleh Edo syahputra damanik dengan anggota Iqbal Sholahudin, Rivanda Tyaksa Putra, Aldiantara yang semuanya merupakan mahasiswa Teknik Elektro Angkatan 2022. Dosen pembimbing adalah Ir. Bagus Gilang Pratama, ST, MEng dan Kurniawan ST, MT.


“Kami ingin mengembangkan riset dalam bidang robotika terutama robot tematik. Kami juga berterimakasih sekali karena kampus sangat support dengan kegiatan-kegiatan kami”, jelas Edo.
Ia mengaku bahwa perakitan dan persiapan lomba sekitar 2 bulan disela-sela kesibukan mereka kuliah.
Terdapat 72 tim robot dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, sedangkan yang lolos untuk seleksi tingkat wilayah ada 56 tim dari perguruan tinggi.
“mohon doanya supaya kami lolos untuk tahap selanjutnya yaitu Seleksi Nasional yang akan dilaksanakan secara offline di UMS”, pungkas mahasiswa ITNY semester 4 tersebut.