Teknik Pertambangan ITNY raih juara umum di SMG

24-09-19 Admin 0 comment

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (HMTA ITNY) kembali berhasil meraih juara umum 2 dalam ajang Sriwijaya Mining Games (SMG) 2019 di kampus Universitas Sriwijaya, Palembang pada 16 – 19 September 2019

Kegiatan ini memperlombakan 10 jenis mata lomba bidang teknik pertambangan. Jenis mata lomba tersebut adalah Written Test, Tie In, Rock Identification, Bench Blasting, Swede Sawing, Panning, Rock Drilling, Underground Mining Stability, Hand Mucking, dan Mine Surveying. Pada kesempatan ini, HMTA mengirim delapan mahasiswa perwakilan yang tergabung dalam tim Supergen.

Pada tahun ini, Tim Supergen ITNY berhasil menjuarai di hampir semua mata lomba.  Tim ini juga meraih 2 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu sehingga dinobatkan menjadi Juara 2 umum. Sementara juara 1 dan 3 diraih oleh tuan rumah dan universitas Islam Bandung.

Manajer tim Supergen, Paly E P Thenu mengatakan bahwa selain pematangan materi dan simulasi saat latihan, tim juga harus melatih mental.

“Latihan di tempat yang ramai harus kita lakukan sehingga tidak ada lagi rasa canggung”, ungkap Paly.

Bayurohman P. Putra, S.T., M.T., pembina tim Supergen mengungkapkan bahwa dengan melakukan banyak latihan akan membuat tim lebih leluasa dalam melakukan simulasi dan berpikir secara teoritis. Selain itu, peserta juga harus memperhatikan safety saat bertanding.

“dengan mengutamakan keselamatan pengurangan poin bisa diminimalisasi dan prestasi akan mengikuti”, pungkas Bayu

SMG merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Perkumpulan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (PERMATA UNSRI). Peserta SMG tahun ini diantaranya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Universitas Trisakti, Universitas Islam Bandung, Universitas Jambi, Politeknik Akamigas Palembang, dan ITNY.  Tim Supergen ITNY beranggotakan Zainal Abidin, Haris Nur Eka Prasetya, Leonardo Julian Silisa, Lydia Afriyani, Meylo Satria, Rio Rizky Sitepu, Muhamad Supardi, serta Paly E P Thenu.