Tambah Satu Doktor lagi di ITNY

12-04-21 Admin 0 comment

Fakultas Teknologi Mineral Institut Tenologi Nasional Yogyakarta (FTM ITNY) menambah satu doktor untuk Program Studi Teknik Geologi. Salah satu dosen, Winarti, dinyatakan lulus Cumlaude dalam Sidang Promosi Doktor, Program Pascasarjana Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran (UNPAD). Sidang promosi tersebut digelar secara online/daring, Jumat (9/4/2021).
Acara dibuka oleh pimpinan sidang, Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., Ph.D dengan tim promotor terdiri dari Dr.Ir Emi Sukiyah, M.T., Dr.Ir Andi Agus Nur, M.T. dan Prof. Dr. Ir. Ildrem Syafri, DEA. Sidang dihadiri oleh kurang lebih 45 orang.


Winarti mengambil judul disertasi : Konfigurasi Kontak Formasi Nanggulan dan Formasi Andesit Tua pada Sisi Timur Kubah Kulon Progo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.
Winarti mengatakan bahwa penelitiannya merupakan bentuk kecintaan pada Kulon Progo yang telah berperan dalam membesarkan ITNY, khususnya T. Geologi. Kulon Progo juga menyimpan banyak daya tarik untuk dikaji dari sisi ilmu kebumian, terutama mengantisipasi pengembangan wilayah di Kulon Progo yg sangat cepat. Seperti konservasi mata air yg banyak muncul di kontak antara Formasi Nanggulan dan Formasi Andesit Tua. ^Gambaran geologi Kulon Progo saat ini yg tertuang di dalam peta geologi regional, sudah saatnya untuk direvisi”, jelas Winarti.
Rektor ITNY, Dr Ir Ircham, MT mengaku bangga dengan bertambahnya satu Doktor Teknik Geologi seiring dengan akan dibukanya program Pasca Sarjana Teknik Geologi di ITNY.
“Dengan selesainya studi Winarti tersebut, maka terdapat tujuh Dosen yang bergelar Doktor di Teknik Geologi ITNY. Empat diantaranya mengambil disertasi dengan mengambil topik tentang geologi Kulon Progo”, Terang Ircham.
Keberadaan kampus lapangan di daerah Degan, Kalibawang, Kulon Progo yang merupakan salah satu keunggulan Teknik Geologi ITNY juga melengkapi penguasaan tentang geologi Kulon Progo oleh Teknik Geologi ITNY.
Dalam sambutannya, Ircham juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Universitas Padjajaran dan berharap bahwa kerjasama ITNY dengan UNPAD dapat semakin baik kedepannya.