Ramadhan Bersama IKAGEO ITNY dan BIN DIY

Ikatan Keluarga Alumni Teknik Geologi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (IKAGEO ITNY) bekerjasama dengan Badan Intelijen Nasional Daerah (Binda) DIY menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta pada Jumat (15/4/2022) malam. Mahasiswa yang berencana untuk mudik pada momen Lebaran tahun ini menjadi sasaran vaksinasi booster kali ini
Rektor Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Dr Ir Ircham, mengatakan kegiatan vaksinasi booster itu diselenggarakan untuk memudahkan masyarakat khususnya mahasiswa yang akan mudik
Mengingat vaksinasi booster merupakan salah satu syarat yang perlu untuk dipenuhi sebelum kembali ke kampung halaman.
Vaksinasi booster ini dibutuhkan ketika orang-orang mau mudik. Sebagai syarat mudik kan harus sudah booster. Nah kegiatan ini sangat bagus selain juga mendukung percepatan vaksinasi pemerintah,” kata Ircham, Jumat (15/4/2022) malam.
Pemilihan waktu malam hari untuk pelaksanaan vaksinasi booster juga bukan tanpa alasan
Sebab tidak sedikit dari masyarakat termasuk mahasiswa yang saat ini tengah menunaikan ibadah puasa.
Memang sengaja dilaksanakan malam hari karena seharian sudah puasa. Mungkin ada yang takut batal atau mungkin tidak kondisi fit sehingga diambil kebijakan sore hingga malam,” ujarnya.
Ia menyebut tidak sedikit mahasiswa di Yogyakarta yang berasal dari luar daerah
Sehingga memang dimungkinan akan melakukan mudik saat Lebaran nanti.
Memang kebanyakan dari mahasiswa luar Jogja, untuk syarat mudik. Ya ini masih ada waktu dua minggu untuk persiapan mudik termasuk dengan booster,”tuturnya.
Koordinator Vaksinasi Sleman BINDA DIY, Adi Riyanto, mengatakan pihaknya menyediakan setidaknya 300 dosis vaksin booster kali ini.
Antusiasme dari mahasiswa pun cukup tinggi untuk melengkapi salah satu syarat mudik dengan vaksinasi booster tersebut
Memang yang jelas mahasiswa ini kan berkeinginan untuk mudik. Mereka sangat berantusias datang ke sini terutama ada beberapa teman-teman mahasiswa ini kalau malam antusias karena siang puasa juga,” ucap Adi.
Saat ini, kata Adi, capaian vaksinasi booster di DIY sendiri sudah mencapai 26 persen. Hal itu masih akan terus dipercepat oleh semua pihak menjelang momen Lebaran nanti
Wakil Ketua Ikageo ITNY, Mudor Musa, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pihaknya untuk terus membantu pemerintah khususnya dalam percepatan vaksinasi booster.
Sehingga dapat berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat pada umumnya.
“di musim pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini kita ingin memberikan manfaat bagi masyarakat dan khususnya kampus agar bisa menekan penyebaran Covid-19,” ujar Mudor.
Salah seorang mahasiswa ITNY, Neng Yulia (21) mengatakan memang sudah berencana untuk mudik pada libur Lebaran nanti.
Sehingga ia memilih untuk melakukan vaksinasi booster kali ini.
“Iya ada rencana mudik, ke Tasikmalaya. Sudah vaksin kedua kali. Ini vaksin ketiga. Ikut booster supaya biar gampang syarat-syaratnya,” kata  Yulia.
Mahasiswa semester 6 itu mengaku memang sengaja mengikuti vaksinasi pada malam hari. Sebab saat siang ia menjalankan puasa terlebih dulu.
Memang sengaja malam, karena pagi sampai siang puasa kan, kebetulan tau info ada vaksin ini dari alumni jadi langsungdaftar biar bisa lebih gampang pas mudik nanti,” pungkasnya.