Kuliah Perdana ITNY : Generasi Z Harus Bisa Berkompetisi Dalam Perkembangan Teknologi

25-09-21 Admin 0 comment

Menjelang dimulainya Tahun Akademik 2021/2022, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan Kuliah Perdana bagi Mahasiswa Baru dengan tema “Merdeka Belajar di Era Pandemi” pada hari Kamis, 23 September 2021 secara virtual. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bergabungnya mahasiswa baru sekaligus memberikan motivasi bagi mahasiswa baru agar mampu mengikuti perkuliahan dengan baik dan mencapai hasil yang optimal.

Hadir sebagai Nara sumber adalah Kepala Balai Air tanah, Direktorat Air tanah dan air baku, Direktorat Jendral SDA, Kementerian PUPR, Dr. Ahmad Taufiq, ST, MT, Ph.D. Nara sumber kedua adalah Arhad Hartadi, S.T yang merupakan QS Procurement Shimizu Corporation. Acara ini dipandu oleh moderator Rizal Maulana, S.T., M.T.,dosen Prodi Teknik Sipil ITNY.

Dalam pemaparannya, Ahmad Taufiq yang biasa dipanggal pak AT menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa baru sebagai generasi Z bisa berkompetisi dalam perkembangan teknologi. Ia menyampaikan bahwa mahasiswa harus bisa Critics, Creative, dan Connective.

“di era industry 4.0 ini kreatifitas dan koneksi sangat dibutuhkan mengingat kemudahan teknologi sudah berbeda dengan generasi Y”, ungkap pak AT.

sedangkan Arhad  menceritakan tentang pengalamannya menjadi mahasiswa ITNY. Ia menjelaskan betapa pentingnya keseimbangan antara hard skill dan soft skill. Keseimbangan antara keduanya akan menjadikan mahasiswa lulusan ITNY mampu menempati posisi strategis dalam pekerjaan.

“mahasiswa harus mampu berorganisasi dengan baik untuk belajar soft skill dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya sebagai hard skill”, jelas Alumni ITNY tersebut.

Acara kuliah perdana berlangsung dengan baik dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru ITNY dengan antusias. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa baru ITNY.