Kecamatan Nanggulan Gandeng LPPMI ITNY Untuk Pengembangan Potensi Wilayah

31-01-20 Admin 0 comment

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan perjanjian kerja sama (PKS) antara Kecamatan Nanggulan dengan Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi (LPPMI) Institut Teknologoi Nasional Yogyakarta (ITNY). Camat Nanggulan, Drs. Duana Heru Supriyanta, MM beserta jajarannya mengunjungi ITNY (30/1)

Kunjungan ini disambut oleh Rektor, wakil Rektor, Kepala lembaga bidang Kerjasama, Kepala Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Institut, para Dekan, Kaprodi, dan Kepala LPPMI.

Kepala LPPMI ITNY, Dr. Ani Tjitra Handayani, ST, MT menyampaikan bahwa PKS dengan Nanggulan selama lima tahun ke depan meliputi kegiatan di bidang penyusunan peta digital, pengelolaan sampah berbasis teknologi tepat guna, dan pendampingan pengembangan UKM berbasis teknologi.

“Nanggulan sudah menjadi rumah kedua untuk pelaksanaan kegiatan baik riset maupun pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa ITNY” jelas Ani.

Lebih lanjut, Rektor ITNY, Dr Ircham memberikan arahan untuk menjadikan Nanggulan sebagai lokasi utama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kolaborasi dengan civitas akademika ITNY di bidang teknologi.

Pada kesempatan itu, Duana memaparkan gambaran potensi serta permasalahan yang ada di wilayahnya, meliputi teknologi pembuatan batik, pengembangan wilayah untuk mendukung Jogja Agro Techno Park yang ada di Desa Wijimulyo, pengembangan UMKM seperti intip, geblek, tahu, bakpia yang masih memerlukan pendampingan pada aspek produksi, packaging, serta pemasaran.

“kami berharap bahwa implementasi dari PKS ini dapat mendampingi Nanggulan mewujudkan Kampung One Village One Product” pungkas Duana.

Setelah kunjungan pihak Kecamatan Nanggulan ini, LPPMI ITNY akan segera melakukan observasi langsung ke lokasi bersama dengan dosen ITNY lainnya untuk dapat memetakan potensi dan permasalahan secara detail di lapangan. Dari hasil observasi tersebut, akan dibentuk tim khusus untuk merumuskan program-program yang dikemas dalam bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.