ITNY Wisuda 488 Lulusan Secara Daring

26-09-20 Admin 0 comment

 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Untuk pertama kalinya, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) melaksanakan wisuda secara daring pada Sabtu (26/9/2020).

Ketua Pelaksana Wisuda 2020 ITNY, Andrea Sumarah Asih, ST, MT mengatakan periode wisuda kali ini merupakan saat yang istimewa karena dilaksanakan secara daring untuk 2 periode sekaligus, yaitu periode Maret dan September.

Menurutnya, wisuda periode Maret 2020 tidak dapat dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Wisuda Sarjana dan Diploma ITNY 2020 kali ini meluluskan sebanyak 488 mahasiswa yang semuanya tetap berada di rumah masing-masing dan mengikuti secara virtual.

Adapun rinciannya, jelas Andrea, lulusan jenjang S-1 Teknik Sipil 34 orang, Perencanaan Wilayah Kota 70 orang, Teknik Mesin 58 orang, Teknik Elektro 64 orang, Teknik Geologi 106 orang, dan Teknik Pertambangan 109 orang, sedang lulusan jenjang Diploma III untuk prodi Teknik Mesin 24 orang dan Teknik Elektronika 23 orang.

Andrea menerangkan, wisuda periode ini untuk jenjang S-1 IPK rerata 3,06 dengan masa studi rerata 5,36 tahun. Sedangkan jenjang Diploma III IPK rerata 3,61 dengan masa studi rerata 3,06 tahun.

“Selain itu, terdapat 86 wisudawan yang berpredikat cumlaude dengan perincian Teknik Sipil 1 orang, PWK 11 orang, Teknik Mesin 5 orang, Teknik Elektro 9 orang, Teknik Geologi 17 orang, Teknik Pertambangan 7 orang, Teknik Mesin DIII 17 orang dan Teknik Elektronika DIII 18 orang,” tuturnya saat ditemui di ITNY, Sabtu (26/9/2020).

Selain menerima ijazah, transkrip nilai, dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sejumlah 79 wisudawan juga menerima sertifikat uji kompetensi berlisensi BNSP yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ITNY.

“Beberapa wisudawan juga berprestasi di berbagai bidang akademik maupun non akademik. Dengan demikian lulusan ITNY diharapkan memiliki daya saing yang lebih tinggi di pasar kerja,” ungkap Andrea.

Andrea menambahkan, pelaksanaan wisuda kali ini tetap diupayakan memiliki suasana hikmat. Rangkaian acara prosesi wisuda sama seperti wisuda saat luring.

“Bagi yang di luar Yogya kami kirimkan toga kepada mereka. Bagi yang tinggal di Yogya bisa mengambil di kampus. Orang tua juga mendampingi wisudawan dari rumah masing-masing selama prosesi, ” jelasnya.

Sementara itu, Rektor ITNY, Dr. Ir. Ircham, MT mengucapkan selamat kepada para wisudawan beserta keluarganya atas keberhasilannya dalam menempuh studi di ITNY.

“Kampus telah memberikan bekal kepada para mahasiswa, baik knowledge, skill maupun attitude yang membentuk kalian menjadi manusia yang berilmu, tangguh, pantang menyerah, berwawasan luas, beriman, dan peka terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, sekaranglah saatnya kalian mengabdikan diri bagi masyarakat, mengangkat martabat bangsa sejajar dengan negara-negara maju di dunia,” tuturnya.

Ircham menyampaikan, dengan jumlah mahasiswa sekitar 4.000, STTNAS/ITNY terus berbenah diri, tiada hari tanpa dilalui dengan evaluasi dan perbaikan yang berbuah prestasi.

“Fasilitas terus kami kembangkan, mulai kampus lapangan di Kulon Progo yang menjadi satu-satunya kampus lapangan milik PTS (perguruan tinggi swasta) di Indonesia, Student Center and Park, pengembangan laboratorium sampai pengembangan sistem IT dan infrastruktur maya. Semuanya dimaksudkan untuk memberikan layanan terbaik untuk mahasiswa,” ungkapnya.

Tahun ini, lanjut Ircham, sekitar 5 orang dosen sudah kembali ke kampus setelah studi doktor di berbagai perguruan tinggi dalam maupun luar negeri dan beberapa orang lagi segera selesai.

“Di bidang akademik, Institusi STTNAS saat ini telah terakreditasi B dari BAN Dikti. Saat ini ITNY ada di urutan 155 dalam ranking Dikti dari sekitar 4.000 lebih perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan versi Webometrik ada di ranking 140 dari 2000 lebih perguruan tinggi,” bebernya. (Tribunjogja/Maruti Asmaul Husna)