ITNY Rintis Kerjasama dengan Kabupaten Gorontalo

18-11-19 Admin 0 comment

Sebagai wujud kontribusi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) dalam mendorong pembangunan di daerah, ITNY merintis kerjasama dengan Kabupaten Gorontalo. Pada hari Kamis (14/11-2019), Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd. berkesempatan mengunjungi kampus ITNY sekaligus memberikan kuliah umum mengenai potensi daerah Kabupaten Gorontalo kepada civitas akademika ITNY.

Kuliah umum yang disampaikan oleh Bupati Gorontalo sendiri mengambil tema “Rencana Pembangunan Limboto Agro Techno Park” yang akan didirikan di wilayah Kabupaten Gorontalo. Hadir dalam kuliah umum ini, Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T. beserta jajaran pimpinan dan dosen di lingkungan ITNY.

Dalam kuliah umum ini, Nelson memaparkan visi dan misi Kabupaten Gorontalo yakni “Kabupaten Gorontalo Gemilang untuk mewujudkan masyarakat madani”. Visi ini ditetapkan berdasarkan arah pembangunan nasional, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), serta Rencana Pembangunan Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gorontalo 2005-2025. Di samping itu Nelson juga memaparkan mengenai isu-isu strategis pembangunan di Kabupaten Gorontalo, di antaranya tingkat kemiskinan yang masih tinggi, khususnya pada kelompok usaha perikanan dan pertanian, tingginya tingkat pengangguran, tingginya ketimpangan pendapatan, serta keterbatasan infrastruktur pedesaan.

Sementara dari pihak ITNY berkesempatan untuk memberikan pemaparan terkait aplikasi tenaga hibrid untuk mendukung sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata laut. Pemaparan ini dilakukan oleh Janny F. Abidin dari Lembaga Kerjasama ITNY. Aplikasi tenaga hibrid ini menjadi salah satu produk yang dihasilkan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ITNY yang memiliki orientasi pengembangan Technopreneurship dalam energi terbarukan.

Rektor ITNY sendiri menyambut baik kehadiran Bupati Gorontalo ke Kampus ITNY. Nelson merupakan kepala daerah kedua di Provinsi Gorontalo yang berkunjung ke Kampus ITNY setelah Bone Bolango beberapa waktu  lalu. Seperti bupati sebelumnya, Nelson juga memesan satu mobil listrik karya mahasiswa ITNY setalah  menyempatkan diri melihat para mahasiswa merakit mobil listrik.

Kunjungan ini sekaligus menjadi ajang untuk merintis kerjasama antara Kampus ITNY dan Kabupaten Gorontalo. Beberapa bidang yang akan dikerjasamakan antara kampus ITNY dan Kabupaten Gorontalo terutama terkait tata ruang dan smart city, energi terbarukan, geopark dan technopark, serta peningkatan SDM. Kuliah umum ini ditutup dengan kunjungan ke Jogja Agro Tekno Park (JATP) dan Desa Hibrid Energi Pantai Kuwaru, Pandansimo Bantul Yogyakarta