ITNY Gelar Seminar Nasional ReTII Peluang dan Tantangan Bagi Technopreneur

02-11-19 Admin 0 comment

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan seminar nasional setiap tahun yaitu Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi (RETII) dengan tema “Peluang dan Tantangan di Industri 4.0 bagi Techonpreneur” di Kampus ITNY, Sabtu (02/11/2019).

Seminar dibuka langsung oleh Warek II ITNY Marwanto,S.T.,M.T. pada pukul 10.30 WIB, Turut hadir pula Warek I, III, beserta pimpinan ITNY lainya dalam acara pembukaan seminar ReTII.

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) Tema yang di angkat pada Seminar ReTII ke-14 tahun ini adalah “dan Tantangan di Industri 4.0 bagi Techonpreneur “ Sebagai Keynote Speaker Seminar adalah Ir.Ria Wardhani Pawan,M.M, beliau merupakan Senior Vice President PT.Timah Tbk di Bangka. Bertindak selaku moderator Dr.Ratna Kartikasari.ST.MT.(Dosen Teknik Mesin S1 dan sekaligus Warek I ITNY).

Dalam kajiannya Ir.Ria Wardhani Pawan,M.M, mengangkat tentang Teknopreneurship dan alih teknologi telah menjadi isu yang menarik pada dua dekade terakhir, bila dilihat dari sisi implementasinya memiliki dampak yang nyata, yaitu sejak terjadinya pergeseran dari sistem ekonomi tradisional menuju sistem ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Banyak penemuan baru dalam bidang teknologi yang menghasilkan peluang kerja baru, dan selanjutnya bertambahnya peluang-peluang baru yang lain berkembang bagaikan deret ukur.

Dalam era dunia baru, yang ditandai dengan sistem perekonomian berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat berubah dengan sangat cepat, engineer (ahli teknik) dituntut untuk memiliki berbagai pengetahuan dan kecakapan dasar yang diperlukan untuk mendukung kemampuan teknologi yang dikuasainya, imbuh Ria.

Seminar ReTII ke-14 ini diikuti oleh 100 pemakalah dari berbagai disiplin ilmu teknik baik akademisi maupun praktisi dari perguruan tinggi di Indonesia yang dipresentasikan secara pararel dalam setiap ruang yang tersedia di kampus ITNY.