ITNY Gelar Pameran produk Hasil Riset dan Abdimas

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) melalui Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (LPPMI) menyelenggarakan pameran produk hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) tahun anggaran 2023. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari 11-12 Januari 2024 di kampus ITNY.  Kegiatan pameran hasil riset dan abdimas tahun ini merupakan kegiatan perdana yang sebelumnya kegiatan hanya dilaksanakan berupa seminar hasil riset dan abdimas per program studi.

Kegiatan pameran menampilkan 49 poster hasil penelitian skema dasar, terapan dan pemula. Selain itu terdapat 21 poster hasil abdimas skema kolaboratif. Poster yang dipamerkan kali ini merupakan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendanaan internal ITNY. Poster yang ditampilkan berasal dari semua bidang ilmu yang ada di ITNY yaitu teknik sipil, pengembangan wilayah dan kota, teknik mesin, teknik elektro, teknik geologi dan juga teknik pertambangan. Kegiatan diawali dengan pembukaan, presentasi poster oleh peneliti dan pelaksana pengabdian sekaligus penilaian oleh reviewer dan penutupan sekaligus pengumuman poster terbaik kategori hasil penelitian dan abdimas.

Kepala LPPMI, Dr. Hita Pandita, S.T.,M.T, mengatakan bahwa kegiatan pameran dilakukan sebagai upaya bahwa hasil riset dan abdimas tidak hanya sebatas dinilai oleh reviewer.

“pameran ini juga sebagai inspirasi bukan hanya oleh dosen tetapi juga mahasiswa. Sehingga kedepannya bisa saling kolaborasi antar bidang ilmu yang ada di ITNY”, jelas Hita.

Lebih lanjut kepala LPPMI menyatakan tujuan kegiatan pameran dilakukan untuk sharing knowledge, melalui poster yang ditampilkan dapat menyebarkan ilmu dan informasi yang bermanfaat.

Wakil rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Inovasi Dr. Winarti, S.T.,M.T yang turut membuka kegiatan pameran menyatakan, kegiatan ini perlu diapresiasi dan akan menjadi cikal bakal pameran produk hasil riset dan abdimas yang kedepannya bukan saja pendanaan internal, tetapi juga hasil riset dan abdimas pendanaan eksternal dan karya mahasiswa juga dapat turut serta dipamerkan. Sehingga ilmu dan penyebaran informasi serta kemanfaatannya dapat dirasakan lebih luas.