Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan pelatihan digital marketing bagi mitra pelaku Industri Rumah Tangga-Usaha Mikro (IRT-UM) selama tiga hari (12-14/11) di Hotel Platinum Adisucipto, Yogyakarta. Pelatihan Digital Marketing ini merupakan bagian dari implementasi Program Pembinaan IRT-UM yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Mengambil tema “Transformasi Digital untuk Peningkatan Daya Saing IRT-UM”, pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari tiga pelaku IRT-UM mitra ITNY, yakni UMKM Ganing dari Sanden, Kabupaten Bantul, KDK Jatisarono dari Nanggulan, Kulon Progo, serta KMTI Kedungrong dari Samigaluh, Kulonprogo. Di akhir kegiatan pelatihan, peserta menempuh uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat digital marketing dari BNSP.

Materi yang diberikan kepada peserta meliputi pembuatan konten digital, optimasi media sosial, pemanfaatan e-commerce, serta strategi branding untuk meningkatkan visibilitas usaha pelaku IRT-UM di pasar digital. Dalam sambutannya, Ketua Tim Pelaksana Program Pembinaan IRT-UM Berbasis Kemitraan ITNY, Ir. Rivan Muhfidin, S.T., M.Sc. menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu pelaku IRT-UM memperluas jangkauan pasarnya.

“Dengan adanya teknologi digital, jangkauan pemasaran pelaku IRT-UM mitra ITNY diharapkan dapat menjangkau pangsa yang lebih luas,”terang Rivan.