Hebat, Mahasiswa Geologi ITNY Juara I Geology Olimpic Day di Aceh

17-01-21 Admin 0 comment

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Prestasi membanggakan kembali raih mahasiswa ITNY (Institut Teknologi Nasional Yogyakarta). Kali ini, mahasiswa Teknik Geologi ITNY yaitu Moh. Alfariji berhasil meraih juara 1 dalam lomba artikel ilmiah kebumian yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Syah Kuala, Aceh. Kompetisi Geology Olimpic Day (GOLD IV) dihelat pada 10 Desember 2020 hingga 12 Januari 2021.

“Berkat dukungan dosen dan teman-teman kami dapat menjuarai kompetisi yang diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” kata Alfariji kepada TIMES Indonesia, Sabtu (16/1/2021).

Alfariji menambahkan, dalam gelaran event GOLD IV terdapat berbagai perlombaan. Yaitu, Photo Competition, seminar nasional dan lomba artikel ilmiah kebumian. Event ini mengusung tema Potensi Hidrokarbon Indonesia untuk Memenuhi Kebutuhan Minyak dan Gas di Indonesia.

“Saya mendapatkan juara 1. Kemudian, untuk juara Juara 2 diraih oleh peserta dari Universitas Indonesia dan Juara 3 diraih oleh tim tuan rumah yaitu Universitas Syah Kuala Aceh,” terang Alfariji.

Dalam kompetisi ini, Alfariji mengusung artikel ilmiah berjudul Kilas balik turunnya produksi migas sebagai semangat baru dalam memanfaatkan potensi migas secara maksimal.

Menurutnya, selama dekade tekahir di Indonesia terjadi penurunan produksi migas. Hal ini tentu menjadi perhatian karena Indonesia memiliki potensi migas yang besar. Kondisi ini lah yang membuat Alfariji tertarik mengumpas masalah tersebut. Apa faktornya dan apa penyebabnya selama ini?.

“Kita perlu belajar dari kendala yang ada saat ini yang diduga menciptakan iklim investasi yang tidak menarik bagi para investor. Dengan demikian, kita bisa mencari solusi dan strateginya untuk meningkatkan produksi migas di Indonesia,” papar Alfariji.

Rektor ITNY, Dr Ir H Ircham MT mengapresiasi keberhasilan Alfariji yang telah meraih juaran 1 pada Kompetisi Geology Olimpic Day (GOLD IV) di Universitas Syah Kuala, Aceh. Keberhasilan ini membuktikan mahasiswa ITNY mampu berkompetisi dengan kampus lain di tanah air.

“Semoga keberhasilan Alfariji meraih juara 1 Geology Olimpic Day di Aceh dapat menginspirasi mahasiswa ITNY yang lain,” harap Ircham. (*)