Hari Pertama masuk kerja, Keluarga Besar ITNY gelar Syawalan Hybrid

Keluarga Besar Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mengawali agenda kerja setelah libur lebaran sepekan dengan menggelar acara Syawalan Idul Fitri 1443 H. Acara tersebut digelar di kampus ITNY secara Hybrid. Senin 9 Mei 2022.
Wakil Rektor II ITNY, Lilis Zulaicha, ST, MT mengatakan bahwa setelah dua kali syawalan online, kondisi saat inipun masih belum sepenuhnya normal.
“Jadi syawalan tahun ini diselenggarakan secara hybrid dengan agenda utama Ikrar Syawalan dan Tauziah oleh Dr Lukis Alam, SS, MSi”, jelas ketua pelaksana kegiatan syawalan tersebut.  
Ir. Supatno, Ketua pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Nasional (YPTN) dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini digelar untuk mempererat silaturahmi antar Yayasan dan Lembaga binanya yaitu ITNY dan SMK Nasional.
“dengan silaturahim, kita bisa lebih menjaga kesehatan yaitu melapangkan dada dan pikiran sehingga meningkatkan etos kerja Pimpinan, Dosen, Karyawan YPTN ITNY SMKNAS”, jelas Supatno.
Sementara Rektor ITNY, Dr Ircham, MT berharap Yogyakarta yang sudah berada di PPKM level dua tidak bertambah meskipun wisatawan ke Jogja saat lebaran ini membludak. 
Dr Lukis dalam Tauziahnya mendorong semua yang hadir secara online maupun offline untuk berada pada golongan orang2 minal a’idin yang berarti Kembali fitrah, wal fa’izin  yang berarti menang menahan hawa nafsu, dan wal maqbulin yang berarti diterima amal ibadahnya. Ia menambahkan bahwa hal ini akan terwujud jika kita semua bisa mengontrol nafsu.
“sesungguhnya nafsu itu senantiasa menjerumuskan kita kearah hal-hal yang negative kecuali nafsu itu telah diberikan, untuk itu penting bagi kita untuk bisa menguasai amarah ketika marah” pungkas dosen Agama Islam ITNY tersebut.