Cegah Kecelakaan kerja dengan sadar K3

28-08-19 Admin 0 comment

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan angka kecelakaan kerja, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada hari Rabu (28-8-2019) di Kampus ITNY. Narasumber dalam Workshop K3 yang diselenggarakan oleh Program Vokasi ITNY ini adalah Pengawas Ketenagakerjaan dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sasongko Yunianto, S.ST. serta narasumber internal Sigit Budi Hartono, S.T., M.T., Sulaiman Tampubolon, S.T., M.Eng., Janny F. Abidin, S.T., M.T., dan Tugino, S.T., M.T. yang merupakan dosen Program Vokasi ITNY.

Kegiatan ini diikuti oleh civitas akademika di lingkungan ITNY dan dibuka langsung oleh Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T. Dalam sambutannya, Rektor ITNY mengungkapkan komitmen ITNY untuk mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan keselamatan dan kesehatan di dunia kerja. Diungkapkan oleh Rektor ITNY, kegiatan ini menunjukkan kepedulian ITNY berbudaya menciptakan lingkungan kerja  yang aman, sehat dan sejahtera bebas dari kecelakaan dari penyakit akibat kerja   di lingkungan ITNY.

Keselamatan kerja merupakan hal yang wajib diperhatikan baik oleh pemilik perusahaan maupun tenaga kerja. Tingginya angka kecelakaan kerja dapat ditekan dengan membekali tenaga kerja dengan kesadaran akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“Keselamatan kerja merupakan tanggung jawab semua orang. Harapannya semua orang memegang prinsip ‘mulai bekerja dengan semangat, pulang kerja dengan selamat’”, terang Tugino.

Keberadaan ahli K3 dalam perusahaan telah diamanatkan di dalam peraturan perundang-undangan, yakni Permenaker nomor 2 tahun 1992. Perusahaan yang memiliki karyawan seratus orang atau lebih wajib memiliki setidaknya satu orang ahli K3 Umum. Perusahaan juga wajib memiliki ahli K3. Apabila perusahaan tidak memiliki ahli K3, maka perusahaan tersebut wajib mengirimkan perwakilan karyawannya untuk mendapatkan training dan sertifikasi K3. Di samping itu, pemahaman akan K3 juga menjadi nilai tambah bagi alumni ITNY ketika memasuki dunia kerja.

“Manfaat kegiatan ini bagi alumni ITNY nantinya adalah untuk menambah nilai jual mereka ketika harus bersaing dalam dunia kerja”, pungkas Tugino.