Mahasiswa ITNY Raih Gelar Penulis Terbaik Esai Mahasiswa pada National Paper Competition 2024

Mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) berhasil meraih gelar penulis esai mahasiswa  pada National Paper Competition 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesia Education Center dibawah Naunangan CV Aeternum Indonesia di Bandar lampung. Pelaksanaan kompetisi digelar secara daring pada 4-17 Maret 2024.

Ardy Mansyah mengambil judul “Reuse Limbah Keramik sebagai Substitusi Agregat Halus dengan Tambahan Lane Anadara Grandis Shell” pada kompetisi tersebut. Ia menambahkan bahwa fokus utama dari tulisan tersebut adalah mendapatkan beton mutu tinggi dan bernilai ekonomis dengan pemanfaatan limbah keramik dan lane dari cangkang kerang Anadara grandis.

“saya mengusulkan pemanfaatan limbah keramik sebagai substitusi untuk pasir dan lane dari limbah cangkang kerang sebagai pengganti sebagian semen. Hal ini seiring dengan mulai terjadinya kelangkaan pasir sebagai agregat halus dan kenaikan harga semen. Karena kedua kondisi ini akan membatasi kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan”, jelas Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2021.

Pada Kompetisi ini diambil juara  perkategori yaitu kategori Pelajar dan kategori Mahasiswa.  Masing-masing kategori diambil Juara umum, Juara Favorit, Penulis Terbaik, dan Honorable Mention Award. Terdapat 198 peserta dengan 250 karya dalam kategori pelajar dan mahasiswa.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih predikat penulis terbaik esai kategori mahasiswa meskipun saya tidak menyangka karena peserta dan karya yang banyak sekali. Hal ini menjadikan saya lebih termotivasi untuk mengembangkan bakat dibidang menulis”, terangnya.

Selain menulis, Ardy juga aktif di organisasi kemahasiswaan dan Unit kegiatan Mahasiswa. Beberapa waktu lalu ia sering menjuarai Kejuaraan Nasional Taekwondo.

“selain sibuk di olah raga Bela diri Taekwondo, saya juga ingin mengembangkan tulisan saya, karena sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk bisa menulis. Ajang ini merupakan uji coba inovasi untuk lomba-lomba selanjutnya serta merupakan pengembangan ide dalam berinovasi”, Pungkas mahasiswa ITNY tersebut.