Webinar Teknik Sipil ITNY : Teknologi Beton Pracetak menggunakan BIM

19-06-21 Admin 0 comment

Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelanggarakan webinar Konstruksi seri 2 pada Rabu (16/6). Webinar kali ini menghadirkan nara sumber Yassy Iskandar Muda S.T selaku Manajer Teknik dan Mutu (Quality and Engineering Manager) PT.WIKA Beton.

Dengan mengusung tema Teknologi Beton Pracetak Indonesia / Precast Concrete Technology, webinar ini dihadiri oleh 90 partisipan dan bertujuan untuk berbagi pengalaman di lapangan terkhususnya perkembangan dunia konstruksi saat ini.

Yassi menjelaskan tentang teknologi beton pracetak menggunakan Building Information Modelling (BIM) yang sedang gencar-gencarnya digunakan di dunia Teknik sipil.

BIM adalah Sistem atau teknologi yang mencakup beberapa Informasi penting dalam proses Design, Construction, Maintenance yang terintegrasi pada pemodelan 3D. Penerapan BIM ini sangat penting dikembangkan di Indonesia karena dapat mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan di proyek. Sambil menjelaskan, Yassy juga mempraktekkan sedikit tentang aplikasi BIM.

“Salah satu keunggulan dari BIM ini adalah Integrasi Informasi dari berbagai disiplin ilmu dalam satu pemodelan 3D”, Jelas yassi.

Kaprodi Teknik Sipil ITNY, Seli Novitasari, ST, MT dalam sambutannya mengatakan bahwa webinar Teknik Sipil akan digelar rutin setiap hari rabu. Jenis webinarnya yaitu berbagi pengalaman dilapangan berupa Seminar Online Konstruksi dan Cerita Alumni berupa cerita lulusan Teknik sipil ITNY.