Vaksinasi Massal dosis kedua ITNY bersama 4 PTS di Babarsari

19-05-21 Admin 0 comment

Institut Teknik Nasional Yogyakarta (ITNY) bersama dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Universitas Proklamasi 45 (UP 45), Stikes Wirahusada, serta Poltekkes BSI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman), mengadakan vaksinasi massal COVID-19 dosis kedua di Gedung Thomas Aquinas UAJY, Kamis (15/4/2021).

Vaksinasi massal ini diikuti oleh lebih kurang 1.200 peserta terdiri dari dosen, karyawan, dan purna tugas dari lima perguruan tinggi. Selain itu sebanyak lebih kurang 150 warga lansia di Dusun Kledokan dan Tambakbayan Babarsari, juga turut disertakan sebagai penerima vaksin.

Rektor ITNY, Dr. Ircham, MT merencanakan untuk membuka proses belajar mengajar secara daring dan luring.

“Kami menunggu kebijakan pemerintah untuk segera dibuka pembelajaran luring, meskipun pelaksanaannya nanti masih fleksibel. Hal ini dikarenakan sudah banyak mahasiswa luar jawa yang sudaah di jogya” kata Ircham.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Pencegahan, Pengendalian, dan Penyakit Dinkes Kabupaten Sleman, dr. Novita Krisnaeni, MPH terus mengimbau kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan.

“Kami mohonkan Bapak dan Ibu meskipun nanti sudah divaksin jangan terus meremehkan seperti: wah aku sudah divaksin jadi tidak perlu pakai masker, tidak seperti itu. Protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dan dipatuhi. Vaksinasi tidak menjamin diri kebal dari COVID-19, jika tidak dibantu dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, dr. Novi juga sangat mengapresiasi penyelenggaraan vaksinasi massal yang berlangsung dengan baik dan lancar.

Koordinator Tim Penanganan Pemulihan Covid 19 ITNY, Sigit Budi Hartono, ST, MT mengungkapkan bahwa 95 %  sivitas Akademika ITNY sudah disuntik Vaksin Covid 19. Hal ini berarti bahwa ITNY sudah siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Kegiatan vaksinasi massal ini sebagai upaya perguruan tinggi untuk menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah sehingga diharapkan dapat memutus rantai penyebaran COVID-19 serta membentuk herd immunity.

“vaksin dosis pertama sudah diberikan pada sivitas akademika ITNY dan keempat PT yang lain pada tanggal 15 April 2021”, pungkas Sigit.