TIGA DOSEN TEKNIK PERENCANAAN DAN WILAYAH KOTA (PWK) STTNAS MENGIKUTI WORKSHOP II ASPI (ASOSISASI SEKOLAH PERENCANAAN INDONESIA)

31-01-12 Admin 0 comment

Pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2012, 3 dosen Teknik Perencanaan dan Wilayah Kota (PWK) STTNAS mengikuti Workshop II: Kompetensi Pendidikan S1 ASPI, di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITN, Malang. Workshop dihadiri tidak kurang oleh 40 peserta dari perwakilan 20 sekolah perencanaan anggota ASPI (Asosisasi Sekolah Perencanaan Indonesia) . Ketiga dosen STTNAS itu adalah Drs. Achmad Wismoro, ST, MT, Iwan Aminto Ardi, ST, dan Fahril Fanani, ST.

Acara workshop telah berlangsung lancar dengan melaksanakan beberapa agenda kegiatan yaitu:
1. Workshop kompetensi pendidikan S1 ASPI
2. Workshop jaringan jurnal sekolah-sekolah perencanaan anggota ASPI
3. Diskusi kerjasama ASPI – IAP yang dilanjutkan dengan penandatangan MoU
4. Rapat program kerja pengurus ASPI

Beberapa hasil workshop tersebut adalah :
1. Profil lulusan pendidikan S1 PWK anggota ASPI adalah sebagai Perencana Profesional. Untuk menjadi seorang perencana profesional maka Kompetensi Utama yang harus dimiliki lulusan adalah : (i) mampu merencana ruang kota dan wilayah (kognitif), (ii) mampu menentukan dan menggunakan metoda untuk mendukung praktek perencanaan (psikomotorik), dan (iii) mampu menilai masalah perencanaan, memiliki kepekaan dan integritas terhadap proses perencanaan dan dampak terhadap sistem nilai individual dan komunitas (afektif).
2. Pembuatan mailing list ASPI JURNAL sebagai sarana komunikasi para pengelola jurnal sekolah perencanaan anggota ASPI sehingga diharapkan kerjasama tukar menukar paper, reviewer, dan standar penulisan jurnal dan lain-lain bisa lebih mudah dan lancar.
3. Penanda tanganan naskah MoU ASPI dan IAP (Ikatan Ahli perencanaan) untuk lebih meningkatkan kerjasama antara ASPI dan IAP.

Workshop Kompetensi Pendidikan S1 ASPI akan ditindaklanjuti dengan Workshop berikutnya pada Bulan Oktober 2012 yang bertempat di STTNAS Yogyakarta, dengan agenda menyusun Kurikulum Inti ASPI untuk Pendidikan S1 Perencanaan Wilayah dan Kota.

Semoga dengan adanya workshop-workshop itu bisa memajukan pendidikan PWK di STTNAS dan seluruh perguruan tinggi di Indonesia. HIDUP STTNAS..!!

Diskusi Jaringan Jurnal ASPI
Diskusi Kerjasama ASPI dan IAP
Para Peserta Workshop ASPI