STTNAS Jalin Kerjasama Dengan 4 Perguruan Tinggi India

29-11-17 Admin 0 comment

Dalam rangka peningkatan kerjasama internasional dan menjalin kerja sama, STTNAS bersama Aptisi dan Kopertis Wilayah V Yogyakarta melakukan Kunjungan Kerjasama ke negera India. Rombongan terdiri dari 11 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kopertis V Yogyakarta termasuk STTNAS,(25/11). Perwakilan dari STTNAS yang berangkat pada acara tersebut yaitu: Dr. Ratna Kartikasari S.T, M.T. (Pembantu Ketua I STTNAS) dan Dr. Hita Pandita, S.T, M.T. (Ka.Kerjasama STTNAS).

Kerjasama dipayungi oleh Aptisi Yogyakarta dengan 6 Perguruan Tinggi di India. Adapun yang di peroleh hasil dari kerjasama antara lain: publikasi internasional, student exchange (pertukaran mahasiswa) dan kerjasama pengembangan ilmu dan teknologi.

Dalam kesempatan di hari kedua pada kunjungan kerjasama ke negera India bersama Aptisi dan Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Dr. Ratna Kartikasari, S.T., M.T. memaparkan atau menyampaikan tentang STTNAS. Dalam dalam isi presentasinya tentang STTNAS adalah sebagai berikut:

1. Visi dan Misi STTNAS akan menjadikan sebagai salah satu Perguruan Tinggi “ Center of Excellence “ dalam Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) pada tahun 2026.

2. Produk jurusan teknik yang di miliki oleh STTNAS untuk menunjang, mendorong, melaksanakan program-program pemerintah indonesia di dunia pendidikan, industri serta yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

3. STTNAS telah menjalin kerjasama internasional sejak tahun 1997, yaitu dengan universitas of Tennesse Knoxville USA, universitas New South Wales Australia, National Museum of Nature and Science Tokyo Japan. Dan telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga riset di beberapa negara.

STTNAS telah mendapatkan komitmen dan telah menandatangani Mou dari 4 universitas/ perguruan tinggi India sebagai tindak lanjut dari kedatangan Mr Ravee perwakilan Perguruan Tinggi India ke STTNAS beberapa waktu yang lalu. Perguruan Tinggi tsb diantaranya sebagai berikut :

1. NMIT (Nitte Meenakshi Institute of technology)
2. Nitte University
3. Garden city university
4. Acharya Institute of management and Science

Hasil tersebut akan di tindak lanjuti tentang bidang-bidang yang dikerjasamakan. “Keberhasilan ini meningkatkan optimisme untuk secara reguler menyelenggarakan kegiatan kunjungan kerjasama ini agar lebih memperkuat kerja sama di masa mendatang serta perkembangan ilmu dan teknologi dan budaya yang tengah berlangsung membuat semua pihak harus mempersiapkan diri, termasuk Indonesia.

Untuk menyikapi hal tersebut maka kerja sama Internasional mutlak harus dilakukan, menurut Pembantu Ketua 1 STTNAS (Dr. Ratna Kartikasari, S.T., M.T.) hal itu sangat penting untuk menjaga kualitas serta eksistensi perguruan tinggi bangsa ini di dunia Internasional.