Sosialisasi Pengajuan Akreditasi Prodi Melalui SAPTO

23-05-17 Admin 0 comment

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam upayanya meningkatkan efisiensi dan pelayanan akreditasi institusi perguruan tinggi (PT) dan program studi (prodi), maka telah dilakukan perubahan dalam mekanisme pengajuan usulan akreditasi.

Perubahan mekanisme tersebut terutama dalam efisiensi proses pengajuan usulan akreditasi. Jika sebelumnya harus dilakukan dengan datang ke Sekretariat BAN-PT dengan menyerahkan dokumen persyaratan secara fisik, maka mekanisme yang baru sudah dapat dilakukan secara online.

Mekanisme online ini menggunakan bantuan sistem informasi yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Sistem informasi ini dinamakan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Sistem yang baru ini bahkan telah diberlakukan sejak tanggal 10 April 2017.

Sebagai tindaklanjut pelatihan tersebut, maka diperlukan penyebarluasan informasi tentang mekanisme pengajuan akreditasi prodi melalui SAPTO, terutama bagi prodi-prodi di STTNAS yang sudah masuk masa penyusunan dokumen dan pendampingan.

Kegiatan sosialisasi SAPTO ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Mei 2017, bertempat di Ruang sidang lantai 3. Kegiatan ini mengundang perwakilan 8 prodi dan juga mengundang para pimpinan STTNAS Yogyakarta.

Dalam sosialisasi SAPTO ini disampaikan landasan kebijakan penerapan SAPTO oleh BAN-PT, penjelasan teknis tentang SAPTO dan juga usulan alur prosedur baru untuk pendampingan akreditasi prodi hingga mengajukan usulan akreditasi melalui SAPTO.