SEMINAR NASIONAL RETII KE-8 TAHUN 2013

17-12-13 Admin 0 comment

STTNAS kembali mengadakan seminar yang diadakan secara rutin setiap tahun yaitu seminar ReTII (Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi) pada hari Sabtu tanggal 14 Desember 2013.
Seminar ReTII ke-8 tahun ini yang terselenggara berkat kerjasama STTNAS dengan PT. PLN (Persero), PT. Freeport Indonesia dan Pertamina (Persero) diikuti oleh 100 pemakalah dari berbagai disiplin ilmu teknik baik akademisi maupun praktisi dari perguruan tinggi/instansi di Indonesia.

Sebagai Keynote Speaker Seminar adalah Koordinator Kopertis Wilayah V yaitu Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES.DEA yang menyampaikan makalah bertema Green Technology untuk Kelestarian Sumber Daya Alam/Mineral.

Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES.DEA menyampaikan,  Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, bahkan diprediksi 30 macam sumber daya alam utama terdapat di Indonesia. Sampai tahun 2010 Indonesia masih dikenal dunia sebagai produsen timah terbesar kedua di dunia, pemilik cadangan nikel terbesar keempat dunia, penyimpan cadangan bauksit terbesar ketujuh dunia dan produsen bauksit terbesar keempat dunia, produsen emas terbesar ketujuh dunia, produsen tembaga terbesar keenam dunia.
Namun sayangnya sumber daya mineral yang ada masih belum dirasakan manfaatnya secara nyata dan belum merata bagi masyarakat Indonesia dan bahkan kontribusi sektor tambang mineral ini terhadap pendapatan negara hanya mencapai 4 persen. Ini dikarenakan sebagian besar produksi mineral diekspor dalam bentuk bahan mentah, masih belum mampu mengembangkan industri hilir berbahan baku mineral, sehingga tidak memberikan value added yang nyata untuk mendukung perekonomian nasional serta dalam eksploitasinya masih sering menimbulkan dampak negatif pada lingkungan hidup. 

Mengingat sumber daya alam merupakan sumberdaya yang tak terbarukan, maka pemberdayaannya perlu dilakukan dengan baik dan benar, perlu kearifan dan pemikiran yang utuh serta jauh ke depan dan memperhitungkan kelayakan ekonomi yang lebih komprehensif dengan mempertimbangkan dampak sosial kemasyarakatan, dampak lingkungan, keberlangsungan ekosistem dan dirumuskan dengan kebijakan, strategi dan upaya untuk mengoptimalkan pemberdayaan sumber daya alam guna menopang perekonomian dan kesejahteraan bangsa.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC