SEMINAR NASIONAL “DINAMIKA GEOLOGI PERBUKITAN KULONPROGO”

16-03-15 Admin 0 comment

Masih dalam rangka Dies Natalis STTNAS ke-42 diadakan seminar nasional dengan tema “Dinamika Geologi Perbukitan Kulon Progo”. Seminar dilaksanakan selama 2 hari pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 14 dan 15 Maret 2015 di Kampus Lapangan Kulonprogo. Peserta seminar berjumlah 118 peserta yang merupakan para mahasiswa, akademisi dan praktisi geologi dari seluruh Indonesia diantaranya dari UGM, Unsoed, UPN, IST Akprind, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Universitas Kutai Kartanegara Kaltim, Politeknik Geologi Pertambangan AGP, LIPI dan Dinas PUP-ESDM DIY.

Seminar dimulai pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh Ketua STTNAS Ir. H. Ircham, MT dilanjutkan dengan perkenalan Kampus Lapangan STTNAS oleh Ketua Jurusan Teknik Geologi Winarti, ST, MT.

Seminar dibagi menjadi 2 sesi, sebagi pemateri sesi pertama adalah Dr. Ir. Ev. Budiadi, MS (dosen Teknik Geologi STTNAS) dengan materi “Peranan Tektonik dalam Mengontrol Geomorfologi Daerah Pegunungan Kulon Progo, Yogyakarta”. Pemateri berikutnya adalah Dr. Ir. Eko Budi Lelono dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Bumi “LEMIGAS” yang menyampaikan materi “Studi Planologi Formasi Nanggulan Kulon Progo, Yogyakarta”. Bertindak sebagai moderator seminar sesi I adalah Dr. Hita Pandita, ST, MT (dosen Teknik Geologi STTNAS).

Seminar sesi II menampilkan 4 pemateri yaitu Ir. Wartono Rahardjo (pensiunan Lektor Kepala jurusan Teknik Geologi UGM) dengan materi “Dinamika Perkembangan Peta Geologi Daerah Kulon Progo, DIY” dan Prof. (Riset) Dr. Ir. Sutikno Bronto dari Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Kementrian ESDM dan Dr. Hill. G. Hartono, ST, MT (dosen Teknik Geologi STTNAS) dengan materi “Gunung Api Purba di Pegunungan Kulon Progo Yogyakarta”.

Sebagai pemateri terakhir adalah T. Listyani R A, ST, MT dan Ir. Dianto Isnawan, MT (dosen Teknik Geologi STTNAS) yang menyampaikan materi “Sumber Daya Lingkungan Geologi Perbukitan Kulon Progo”. Moderator seminar sesi II adalah Ir. Setyo Pambudi, MT (dosen Teknik Geologi STTNAS).

Para peserta dan pemateri seminar menginap di Kampus Lapangan STTNAS dan pada keesokan harinya akan melaksanakan Field Trip ke lokasi-lokasi yang telah dibahas pada seminar. Pada malam hari, para peserta dan pemateri seminar dihibur dengan pementasan musik Koes Plus.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC