SEJARAH INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) merupakan institusi pendidikan yang mengusung visi untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang teknologi dan technopreneurship, khususnya dalam pengelolaan energi dan lingkungan berkelanjutan. ITNY merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) yang disahkan melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (SK Menristekdikti) Nomor 1244/KPT/I/2018. Kampus terpadu ITNY berada di Jalan Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
ITNY menyelenggarakan pendidikan program Sarjana (S-1) dan Vokasi (D-3) dan memiliki empat fakultas, yakni:
1. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, yang terdiri dari Program Studi Teknik Sipil S-1 dan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota S-1
2. Fakultas Teknologi Industri, yang terdiri dari Program Studi Teknik Mesin S-1 dan Program Studi Teknik Elektro S-1
3. Fakultas Teknologi Mineral, yang terdiri dari Program Studi Teknik Geologi S-1 dan Program Studi Teknik Pertambangan S-1
4. Fakultas Vokasi, yang terdiri dari Program Studi D-3 Teknik Mesin dan D-3 Teknik Elektronika.
ITNY berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, tangguh, dan kreatif. Untuk mendukung terciptanya iklim akademik yang kondusif bagi seluruh civitas akademika, Kampus ITNY dilengkapi dengan fasilitas laboratorium dan studio. ITNY juga memiliki fasilitas kampus lapangan di Dusun Degan, Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo. Berbagai fasilitas, seperti Gedung Student Center, fasilitas olahraga, workshop, dan studio musik juga disediakan untuk mendukung pengembangan kreativitas mahasiswa.
ITNY bermitra dengan berbagai instansi baik pemerintahan, perguruan tinggi, maupun dunia industri di dalam dan luar negeri. ITNY memiliki kerjasama antara lain dengan National Dong Hua University, Taiwan, Universiti Sains Malaysia, Rajamangala University Technology, Thailand, Universitas Padjajaran, Bandung, Indonesia, Persatuan Insinyur Indonesia (PII), LSP Telekomunikasi Digital Indonesia, Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), serta PT Ithaca Resources.
Lulusan ITNY dibekali dengan sertifikat keahlian yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ITNY yang telah memiliki lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Alumni ITNY tersebar di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah yang ada di Indonesia. Dengan masa tunggu lulusan yang relatif singkat, alumni ITNY bekerja di berbagai perusahaan, seperti PT PLN, PT Pama, PT Freeport, PT Aneka Tambah, serta di instansi pemerintahan seperti di Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang.