itny

Prodi PWK ITNY Laksanakan Membangun Desa di Sewon, Bantul

24-03-21 Admin 0 comment

Sebagai bentuk komitmen dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mengirimkan 6 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Membangun Desa/KKN Tematik di Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul. Pelepasan peserta kegiatan Membangun Desa dilakukan di Kantor Kalurahan Timbulharjo pada hari Senin (22/03), yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Yusliana S.T., M.Eng. dan Lurah Timbulharjo, Anif Arkham Haibar, S.Pd beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Lurah Timbulharjo menyebutkan bahwa kegiatan Membangun Desa/KKN Tematik sangat sejalan dengan program dari kementrian Desa PDTT yang menyalurkan dana 1 milyar per desa untuk perencanaan pembangunan desa. Kehadiran mahasiswa PWK ITNY di Kalurahan Timbulharjo diharapkan dapat mendukung upaya Kalurahan untuk memanfaatkan dana desa bagi kesejahteraan masyarakat.

Kaprodi PWK, Yusliana, S.T., M.Eng mengatakan bahwa selama melaksanakan kegiatan Membangun Desa, mahasiswa akan berpartisipasi dalam kegiatan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Master Plan, dan Digitalisasi Peta Kalurahan. Selama pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa akan melakukan live in di Kalurahan Timbulharjo. Keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan Membangun Desa ini nantinya akan mendapatkan pengakuan setara 18 SKS.

“selama mahasiswa melaksanakan kegiatan Membangun Desa, mahasiswa dibebaskan dari kewajiban mengikuti perkuliahan di kelas” jelas Yusliana.

Selain itu, PWK ITNY juga telah mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan magang. Implementasi kurikulum MBKM ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki secara kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Kegiatan Membangun Desa dan Magang ini menjadi bagian dari upaya kami untuk mengasah softskill dan leadership mahasiswa Prodi PWK ITNY,” pungkas Yusliana.