Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, sivitas Akademika ITNY Laksanakan Vaksinasi

16-04-21 Admin 0 comment

Dalam rangka persiapan menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara luring, seluruh sivitas akademika Institut Teknologi Nasional Yogyakarta menerima vaksin Covid-19 pada hari Kamis (15/4). Pelaksanaan vaksinasi bagi sivitas akademika ITNY ini dilakukan bersamaan dengan civitas akademika dari lima Perguruan Tinggi Swasta di kawasan Babarsari, yang terdiri dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Proklamasi 45, STIKES Wira Husada dan Poltekkes Bhakti Setya Indonesia. Vaksinasi massal tersebut dilaksanakan di Gedung Thomas Aquinas, Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Di samping sebagai persiapan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka secara luring, pelaksanaan vaksinasi massal bagi sivitas akademika pada PTS di kawasan Babarsari ini merupakan wujud komitmen PTS untuk turut serta memerangi persebaran virus Covid-19. Pada pelaksanaan vaksinasi massal ini, dilakukan penyerahan vaksin dan alat suntik secara simbolis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman kepada Bapak Hengky Widhi Antoro, S.H., M.H. dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, selaku koordinator pelaksana vaksinasi massal untuk PTS di wilayah Babarsari. Pada kesempatan ini, perwakilan dari DInas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Novi Krisnaeni, MPH menyampaikan terimakasih dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman atas partisipasi PTS dalam rangka memperluas jangkauan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Sleman.

“Kegiatan ini sekaligus mendukung program pemerintah dalam rangka memerangi Virus Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Sleman,” terang dr. Novi dalam sambutannya.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kampus ITNY, Sigit Budi Hartono, S.T., M.T. menjelaskan bahwa dalam vaksinasi massal ini tersedia 1.200 dosis vaksin. Dari jumlah dosis vaksin yang tersedia tersebut, sebanyak 1.071 dosis diberikan kepada sivitas akademika dari lima PTS di Kawasan Babarsari. Selebihnya, dosis vaksin diberikan kepada kelompok lanjut usia (Lansia) yang berdomisili di sekitar wilayah Babarsari. Sigit juga menjelaskan bahwa seluruh civitas akademika ITNY telah mendapatkan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi ini pada hari Selasa (13/4) secara daring. Sigit menambahkan bahwa vaksinasi tahap kedua akan diberikan pada sivitas akademika yang telah menerima vaksinasi tahap pertama pada tanggal 19 Mei 2021.

“Vaksinasi ini menjadi langkah awal bagi ITNY dan perguruan tinggi lainnya untuk memulai perkuliahan tatap muka di dalam kelas,” terang Sigit.