PENERAPAN TEKNOLOGI INDUKSI UNTUK PROSES MANUFAKTUR DAN MAINTENANCE

08-03-16 Admin 0 comment

Dalam rangka tidak lanjut pembelian alat pemanas logam induksi dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, maka jurusan Teknik Mesin mengadakan kuliah umum dengan tema : Penerapan Teknologi Induksi untuk Proses Manufaktur Dan Maintenance. Sebagai pemateri kuliah umum adalah Dr. Rifky Ismail, ST, MT yang merupakan dosen Teknik Mesin UNDIP dan staf ahli Laboratory for Engineering Design and Tribology UNDIP.

Kuliah umum diadakan pada hari Selasa tanggal 8 Maret 2016 pukul 09.00 WIB di ruang D-11 dengan dihadiri 60 mahasiswa dan dosen Teknik Mesin STTNAS, turut hadir juga Ketua jurusan Teknik Mesin Ir. M. Abdulkadir, MT dan Pembatu Ketua I Dr. Ratna Kartikasari, ST, MT.

Induksi adalah panas yang dihasilkan dari bahan ferromagnetik (logam yang bisa ditarik magnet) yang dililit kumparan dan dialiri arus listrik DC dengan arah arus listrik yang diubah-ubah. Pada bidang permesinan, induksi biasanya digunakan pada proses pengolahan logam seperti melting (peleburan logam) dan forging (penempaan logam).

Pada kuliah umumnya, Dr. Rifky Ismail, ST, MT menerangkan bahwa ternyata teknologi induksi tidak hanya bisa digunakan pada proses melting dan forging tapi juga bisa digunakan pada proses manufaktur dan maintenance lainnya seperti pengubahan sifat logam dengan pemanasan seperti hardening, tempering dan quenching. Panas dari induksi juga bisa digunakan sebagai sumber panas kompor. Proses pemanasan dari induksi ternyata bisa lebih cepat dari proses pemanasan konvensional.

Kuliah umum diakhiri dengan peninjauan ke alat pemanas logam induksi yang dibeli STTNAS dari UNDIP.

104_1254

104_1256

104_1266

104_1271

104_1273

104_1279

104_1280