Mahasiswa Teknik Geologi ITNY Raih 9 Penghargaan Insentif PKM Terbanyak kedua di Yogyakarta

01-07-21 Admin 0 comment

Program Studi Teknik Geologi ITNY berhasil menorehkan prestasi pada Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis. PKM merupakan kompetisi bergengsi yang digelar Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, meskipun di masa pandemi Covid saat ini. Sebelumnya 6 tim PKM 5 bidang mendapatkan pendanaan Kemdikbudristek pada Mei 2021, kali ini ITNY lolos mendapatkan insentif PKM Artikel Ilmiah sebanyak 8 Tim dan PKM Gagasan Tertulis sebanyak 1 tim.

Pada kompetisi PKM Artikel Ilmiah, delapan tim mahasiswa ITNY menyusun artikel hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diajukan melalui akun simbelmawa. Ketua tim PKM Artikel Ilmiah tersebut adalah Bayu Aji Setiyawan, Monica Megita Veronika Assa, Muhammad Dandy Fachrindra, Waskita Murti Bambang Yudhana, Agung Prakoso, Wicaksono, Novaldi Yahya Arif Guntara, Reza Krisnandi, Bella Berliana Nur Rakhma. Sedangkan ketua tim peraih insentif PKM Gagasan Tertulis adalah Unggul Prabowo.

Prestasi yang diraih ini sangat membanggakan semua civitas akademika ITNY karena kompetisi ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia dan ITNY berhasil meraih urutan kedua terbanyak di lingkup LLDIKTI V Yogyakarta. Berdasarkan prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa ITNY dalam bidang artikel ilmiah mampu menulis suatu hasil penelitian yang bisa dipublikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Selanjutnya, mahasiswa juga membuat gagasan untuk menyelesaikan persoalan atau problem solving yang bersifat futuristik dan visioner yang terekam pada PKM Gagasan Tertulis (GT). Tema yang diangkat pada PKM GT yaitu “Geowisata Futuristik Sebagai Solusi dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Ketua Program Studi Teknik Geologi, Ignatius Adi Prabowo, MT mengatakan pihaknya selalu mendorong mahasiswa untuk berani berkompetisi.

“Dengan berkompetisi, kepercayaan diri mereka akan terbangun dan beradaptasi dalam memecahkan persoalan khususnya di bidang geologi,” tutur Adi.

ITNY berkesempatan menunjukkan kemampuannya dengan bersaing bersama puluhan PTS di lingkup LLDIKTI V Yogyakarta.

“Terima kasih kepada dosen pendamping yang telah menyempatkan waktu yang berkualitas dalam mengarahkan mahasiswa ikut berkompetisi,” tambahnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr.Hill Gendoet Hartono, MT  menjelaskan bahwa dalam berkompetisi PKM di era pandemi Covid tentu banyak tantangan, namun Kami sangat bersyukur mahasiswa ITNY mampu melaluinya dan berhasil memperoleh 9 penghargaan insentif PKM AI dan GT, serta sebelumnya PKM 5 bidang sebanyak 6 tim yang lolos pendanaan.