Mahasiswa ITNY belajar WebGIS dalam Penataan Ruang

23-05-21 Admin 0 comment

Tantangan era revolusi industri 4.0 memacu semua aspek kehidupan untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi, termasuk dalam penataan ruang. Produk penataan ruang yang dahulunya berupa print out dokumen dan peta saat ini telah berubah menjadi produk digital yang dapat dimanfaatkan seluruh stakeholder. Hal tersebut juga tercantum dalam UU No. 11 Tahun 2020 yang berkaitan dengan perizinan yang berbasis elektronik. Hal tersebut mendorong penataan ruang juga wajib berbasiskan elektronik atau online yang dapat diakses oleh seluruh stakeholder.

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (PWK ITNY) menyelenggarakan Kuliah tamu  pada 22 Mei 2021 secara virtual. Hadir sebagai pembicara yaitu Moh. Fajar Sulistyanto, S.Si. Trainer WebGIS. Acara ini dibuka oleh kepala Prodi PWK, Yusliana, ST, MT dan dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa.

Fajar menjelaskan tentang pentingnya webGIS dalam penataan ruang yang tidak hanya sebagai informasi penataan ruang tetapi juga sebagai instrumen untuk pemanfaatan dan pengendalian tata ruang. Mahasiswa dikenalkan terhadap konsep membuat webGIS dan beberapa aplikasi webGIS dan mobileGIS.

“Melalui kuliah tamu terkait webGIS ini diharapkan mahasiswa ITNY dapat lebih maju dalam mengikuti tantangan teknologi di era revolusi industri 4.0 dan bisa mengaplikasikannya dalam produk-produk penataan ruang kedepannya” , kata Fajar

Dalam sambutannya Kepala Prodi PWK, Yusliana, ST, MT mengatakan bahwa Mahasiswa yang megambil mata kuliah Sistem Informasi perencanaan, data spasial perpetaan, permodelan geospasial,  praktikum data spasial perpetaan wajib mengikuti kuliah umum ini.