KULIAH UMUM INFRASTRUKTUR JALAN REL OLEH PROF. DR. IR. RESDIANSYAH, ST,MT

04-04-12 Admin 0 comment

Senin, 2 April 2012

Bertempat di ruang kuliah D11 STTNAS Babarsari berlangsung Kuliah Umum bagi mahasiswa jurusan Teknik Sipil dan Teknik Planologi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Resdiansyah, ST, MT (alumni Teknik Sipil STTNAS) dengan topik  Infrastruktur Jalan Rel.

Sampai saat ini, kereta api merupakan moda transportasi yang paling aman. Selain itu kereta api juga memiliki biaya konsumsi energi BBM/orang terendah dibanding moda transportasi yang lain seperti bus, pesawat terbang dan kapal laut yaitu 0,002 liter/orang. Akan tetapi untukmendukung kereta api sebagai moda transportasi yang aman, diperlukan tidak hanya struktur jalan rel yang kuat tetapi juga maintenance (pemeliharaan) yang rutin dan berkelanjutan. Oleh sebab itu pembangunan  jalan rel/jalan kereta api membutuhkan  kajian dalam berbagai bidang seperti transportasi, planologi, mekanika tanah, drainase, struktur jembatan juga electrical.

Dalam kuliah mengenai jalan rel ini juga disampaikan secara detail beberapa infrastruktur jalan rel seperti  rel(rail),  bantalan (sleeper/ties), penambat rel (fastening), balas  (ballast), sub balas(subballast), tanah dasar (improved subgrade) dan tanah asli(subgrade). Selain itu  juga ditampilkan beberapa teknologi terbaru jalan rel di Malaysia dalam bentuk gambar dan slide. Di akhir kuliah umum ini, Prof. Resdiansyah memberikan pop quiz berupa  5 buah pertanyaan terkait materi kuliah yang disampaikan.  Mahasiswa yang berhasil menjawab pop quiz tersebut kemudian mendapatkan award berupa cendera mata dari University of East London.

Prof. Dr. Ir. Resdiansyah, ST, MT adalah alumni Teknik Sipil STTNAS (lulus tahun 1995). Melanjutkan studi S2 di Magister Sistem Teknik Transportasi UGM dan kemudian sambil magang di UKM beliau melanjutkan studi S3 sampai memperoleh gelar Doktor. Saat ini beliau mengajar di University of East London dan menjabat sebagai Academic Director pada universitas yang sama.

Semoga Kuliah Umum ini dapat lebih memperkaya pengetahuan mengenai jalan rel khususnya bagi para dosen dan mahasiswa Teknik Sipil dan Planologi. (-Rea-)