KULIAH UMUM BERSAMA PROF. IR. WIRANTO ARISMUNANDAR, MSME

28-09-12 Admin 0 comment

Pada hari Jumat tanggal 28 September 2012 jam 09.00 di Ruang D11 Kampus STTNAS diadakan kuliah umum dengan pemberi kuliah Guru Besar Teknik Mesin STTNAS Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME.
Kuliah umum itu dihadiri oleh sekitar 60 mahasiswa Teknik Mesin STTNAS. Turut hadir juga Ir. M. Abdulkadir, MT (Kajur Teknik Mesin), Dr. Ratna Kartikasari, MT (Sekjur Teknik Mesin), Ir. Harianto, MT (Dosen Teknik Mesin) dan Ir. Eka Yawara, MT (Dosen Teknik Mesin).

Kuliah umum dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, kuliah umum bertema Turbin Gas Industri. Pada kuliah sesi pertama itu, Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME menerangkan tentang salah satu mesin atau motor yg roda penggeraknya dipasang  sudu (baling-baling) atau biasa disebut turbin. Jenis turbin yang diterangkan adalah jenis turbin gas yaitu jenis turbin yang rodanya bisa berputar karena sudu-sudunya disemprot gas.

Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME menerangkan tentang komponen-komponen dan cara kerja Turbin Gas yang digunakan untuk Industri beserta perawatannya, selain itu diterangkan juga tentang perhitungan termodinamika dan gaya-gayanya.

Sedangkan kuliah umum sesi kedua bertema Motor Propulsi Pesawat Terbang. Pada kuliah sesi kedua itu, Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME menerangkan tentang macam-macam motor propulsi atau motor penggerak pesawat terbang yaitu Pistonprop, Turboprop, Turboshaft, Turbojet dan Turbofan.