Kuliah Umum 12 September 2011

12-09-11 Admin 0 comment

SUKSES MEWUJUDKAN CITA-CITA

MENSEJAHTERAKAN DAN MEMAKMURKAN

NEGERI TERCINTA

 

1.Indonesia merupakan wilayah yang paling komplek dimuka Bumi .

Pertemuan antara 3 Lempeng utama litosfir,Lempeng Eurasia diutara,    yang bergerak ke tenggara,Indo-Australia di selatan yang bergerak ke utara dan Pasifik di timur yang bergerak ke barat. Sebagai akibat dari pertemuan tersebut, akan menghasilkan tatanan geologi dan Geografi yang komplek, kegitan vulkanisma dan kegempaan yang intensip. namun disaming itu juga menghasilkan SUMBER DAYA ALAM yang melimpah dan kesuburan tanah dari gunung api.

2.Keadaan ini akan menjadi tantangan bagi para cendekiawan dan praktisi yang bercita-cita untuk menggali suberdaya alam yang masih tersimpan didal tanah Ibu-Pertiwi. Sumberdaya Alamnya yang masih banyak tersimpan

3.SUKSES ADALAH TERCAPAINYA CITA-CITA YANG TELAH DIPILIH oleh seseorang. Setiap insan pasti mempunyai cita-cita yang mungkin sudah ada sejak kecil. Dan tidak sedikit dari mereka yang menjadi kenyataan. Mereka ini bisa dikatakan telah sukses.

4.Perguruan tinggi merupakan sarana bagi mereka untuk MEWUJUDKAN cita-citanya. Pengalaman menujukan bahwa salah satu faktor untuk mencapai sukses adalah DISIPLIN dalam menjalankan target-target yang telah dirancang dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Di STTNAS Yogyakarta ada 6 disiplin ilmu yang dapat dipilih oleh para Mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya sesuai dengan yang dicita-citakan , yaitu:

 

1. Teknik Sipil

2. Teknik Elektro

3. Teknik Mesin

4. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (planologi)

5. Teknik Pertambangan

6. Teknik Geologi

Pola pendidikan di STTNAS ini akan diserahkan dengan didasarkan pada kecintaan terhadap Bumi. Hal ini wajar karena semua pembangunan yang menyangkut ke-enam disiplin ilmu tersebut akan selalu berhubungan dengan Bumi. Meskipun kita mengambil sesuatu dari perutnya, mengolah dan memanfaatkannya, kita akan selalu berhadapan dengan Bumi.

5.Apabila target itu telah tercapai dan dapat diselesaikan sesuai dengan yang direncanakan, maka dapat dikatakan sebagai SUKSES

6.Sebagai Mahasiswa Indonesia yang telah memilih salah satu disiplin di STTNAS ini sebagai sarana untuk mencapai cita-citanya, saya yakin disamping ingin sukses dalam mencapai cita-citanya, juga ada keinginan yang lebih besar lagi, yaitu keinginannya untuk berpartisipasi dalam MENSEJAHTERAKAN DAN MEMAKMURKAN negeri ini.

7.Untuk itu,apa yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita MENCARI SUMBERDAYA ALAM kita yang tersembunyi melalui kegitan-kegiatan Geologi. Kemudian mengambil dan mengolahnya melalui kegiatan Pertambangan.

8.MEMANFAATKANNYA melalui rekayasa-rekayasa jasa Teknik Sipil, Elektro dan Mesin.

9.Bagaimana kita mengatasi kebutuhan energi, baik untuk transportasi, industri maupun rumah tangga melalui penyediaan ENERGI NASIONAL.

10.Sebagai wilayah dengan gejala vulkanisma yang tinggi, ENERGI PANAS BUMI yang melimpah masih belum dimanfaatkan secara optimal. Terdapat hampir 250 lokasi Panas Bumi di seluruh Indonesia, dan baru sekitar 6-7 % saja yang terpasang.

11.Masih banyak yang harus dilakukan untuk membangun negri ini dalam   upaya mencapai makmur dan sejahtera.

12.Pendidikan di STTNAS dengan disiplin-disiplin ilmunya yang saling berkaitan dan menunjang, diarahkan untuk membangun manusia-manusia yang dapat berkarya dengan berlandaskan CINTA PADA BUMI, karena semua jenis kegiatan pembangunan yang kita lakukan tidak akan lepas dari Bumi, khususnya yang bersifat multi disiplin

13.Adalah merupakan tanggungjawab dari setiap ALUMNUS STTNAS YOGYAKARTA untuk MENSUKSESKAN cita-cita kita bersama yang luhur ini

14.SELAMAT BERJUANG SEMOGA SUKSES.

Yogyakarta, 12 September 2011