KKN STTNAS TA 2013 DI DESA TLOGOADI

01-08-13 Admin 0 comment

KKN 2013 yang diadakan di Desa Tlogoadi , Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman mulai tanggal 14 Mei sampai dengan 27 Juni 2013, berakhir dengan sukses. KKN 2013 itu dibagi menjadi 10 kelompok yang disebar di 9 pedukuhan di Desa Tlogoadi yaitu Pedukuhan Cebongan Lor, Cebongan Kidul, Nambongan, Plaosan, Karangbajang, Karanglo, Sanggrahan, Nglarang dan Bolawen.

Program kerjayang dilaksanakan terbagi menjadi 2 yaitu program fisik dan program non fisik. Program fisik (pembangunan)  hanya bersifat stimulan dan percontohan, dengan maksud setiap kegiatan pembelajaran pemberdayaan ada contoh nyata dilapangan yang selanjutnya dapat ditindaklanjuti secara mandiri oleh masyarakat.
Contoh program fisik yang dilaksanakan adalah : pembuatan plang dan papan nama, perbaikan fasilitas desa yang sudah ada (pos, ronda, masjid, jalan), pembuatan fasilitas desa yang belum ada (perpustakaan, lahan parkir, drainase, talud).

Sedangkan program non fisik dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan, diantaranya : pelatihan komputer bagi anak SD, penyuluhan pembuatan pupuk kompos dan pengolahan sampah, pelatihan disiplin lalulintas kepada anak-anak usia dini dengan melibatkan anggota POLRES, penyuluhan tentang rumah sehat  layak huni dan lain-lain.
Diadakan juga kegiatan yang bisa meningkatkan keakraban dan persaudaraan warga yaitu : kerja bakti, Pentas Seni PAUD Srikandi, pertemuan dengan pemuda/i Karang Taruna, Nyadran dan lain-lain.

Selain program kerja tiap kelompok di pedukuhan masing-masing, diadakan kerja seluruh kelompok di Desa Togoadi yaitu : pemasangan tempat parkir di kantor desa, kerja bakti dan penghijauan Kantor Desa Tlogoadi, pemasangan kaca cembung dan pengadaan buku untuk perpustakaan.

 

plang1

plang3

kkn

plang4

talud2

talud

perpus

parkir

kkn2