itny

Kerap Juara Kompetisi Mobil Listrik, Dosen ITNY Teliti Rem Magnetik

31-10-21 Admin 0 comment

Setelah sering meraih juara di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI), Dosen Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meneliti tentang Engine Brake Mobil Listrik.    Penelitian kali ini di ketuai oleh dosen Teknik Mesin ITNY, Ir.Agus Jayatun, MT dan beranggotakan Sulaiman Tampubolon, ST.,MT serta dibantu tiga mahasiswa Teknik Mesin.

Agus mengatakan bahwa Pengembangan sistem pengereman dengan engine brake pada mobil listrik merupakan proyek yang terpadu dengan pengembangan mobil listrik di ITNY. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini Agus dkk melakukan uji coba rem magnetik. Uji coba dilaksanakan Sabtu 23/10/2021 di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Pathuk, Gunung Kidul.

“Uji coba sukses, desain engine brake Tim Mobil Listrik ITNY mampu menambah daya pengereman saat mobil dikendarai di jalan menurun, sehingga kekhawatiran rem blong dapat ditepis”, Jelas Agus.

Selanjutnya, Agus menambahkan bahwa tanpa dilengkapi engine brake, mobil listrik dapat mengalami rem blong ketika melaju di jalan menurun.