JURUSAN TEKNIK ELEKTRO BERPERAN AKTIF DALAM KEGIATAN WORKSHOP TENTANG ALAT BANTU DIFABEL DI UIN “SUNAN KALIJAGA”

18-12-12 Admin 0 comment

Kendala yang mendasar pada para difabel (Tuna Netra, Rungu dan Wicara) diantaranya mengalami kesulitan dalam komunikasi dan mobilitas, sehingga dalam proses belajar mengajar menjadi perhatian khusus bagi para teknokrat untuk membuat alat bantunya.
Salah satu peran aktif untuk membantu dalam penciptaan alat bantu difabel diawali dengan kegiatan workshop media pembelajaran alternative dan teknologi alat bantu bagi difabel yang diselenggarakan oleh Pusat Studi dan Layanan Difabel Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang memang memiliki mahasiswa difabel.

Workshop tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 14 Desember 2012 selama satu hari di Gedung Rektorat PAU Lt 1 UIN Sunan Kalijaga dengan membahas tentang inovasi alat bantu difabel dan diikuti oleh sebagian dari alat bantu pembelajaran bagi difabel yang dibuat mahasiswa UIN Sunan Kalijaga.

Dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Elektro STTNAS Yogyakarta ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber dibidang inovasi hardware alat bantu difabel yaitu Dulhadi, ST., MT (Dosen Teknik Elektro STTNAS) beserta 3 mahasiswa Teknik Elektro STTNAS, Widian Cahyo Kinasih, Abilawa Dyan Mayland dan Ahmad Saeful Andriansyah.

Semoga hasil workshop ini dapat membuka wacana bagi para teknokrat dalam kreativitas nyata membantu para difabel, amin.