ITNY Siapkan Sistem Kuliah Daring di Masa Pandemi

25-09-20 Admin 0 comment

Sejalan dengan komitmen Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) untuk ikut serta memerangi penyebaran Covid-19, ITNY mempersiapkan sistem kuliah daring bagi mahasiswa. Sistem kuliah daring ITNY, ELINAS (E-Learning Institut Teknologi Nasional Yogyakarta), akan mulai digunakan oleh sivitas akademika ITNY pada semester gasal Tahun Akademik 2020/2021.

ITNY sendiri telah melaksanakan kuliah daring sejak semester genap Tahun Akademik 2019/2020. Namun mengingat transisi dari kuliah luring menjadi kuliah daring harus dilakukan dengan waktu yang singkat, pimpinan ITNY mengambil kebijakan untuk membebaskan platform pembelajaran kuliah daring yang dapat digunakan oleh dosen. ITNY telah merancang sistem pembelajaran daring sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda. Learning Management System (LMS) ITNY rencananya baru akan digunakan pada tahun akademik 2020/2021. Namun kondisi pandemi membuat perkuliahan daring harus berjalan lebih awal.

Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Ratna Kartikasari, S.T., M.T mengatakan bahwa untuk memantapkan LMS ITNY berbasis Moodle di halaman ELINAS ITNY, kami menggelar pelatihan pengelolaan proses pembelajaran secara daring menggunakan LMS ELINAS ITNY pada hari Senin-Jumat (14-18/9) di Kampus ITNY. Materi pelatihan LMS ELINAS ITNY dibawakan oleh Tim Task Force Kuliah Daring yang diketuai oleh Arif Basuki, S.T., M.T., dan beranggotakan tim IT, Bagian Administrasi Akademik, serta perwakilan masing-masing Program Studi di ITNY. Peserta pelatihan mendapatkan materi mengenai pengelolaan pembelajaran di LMS ELINAS ITNY yang meliputi teknis pembuatan materi perkuliahan, teknis penyampaian tugas kepada mahasiswa, serta teknis penilaian.

“Semua sivitas akademika diwajibkan mempergunakan LMS ELINAS ITNY dalam sekurang-kurangnya empat pertemuan pada semester gasal Tahun Akademik 2020/2021 ini”, terang Ratna

 

Harapannya, meskipun saat ini sistem yang ada belum sempurna, LMS ELINAS ITNY dapat semakin memudahkan mahasiswa untuk mengakses proses pembelajaran secara daring. Pelaksanaan proses pembelajaran secara daring ini juga menjadi salah satu pendukung upaya ITNY untuk menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di luar kampus dalam implementasi kurikulum MBKM di ITNY ini perlu didukung oleh sistem pembelajaran daring yang memadahi.