ITNY Realisasikan Program Bina Desa

29-05-21 Admin 0 comment

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta  (ITNY) mulai menghimpun data faktual untuk memetakkan masalah dan potensi di Desa Gendayakan, Paranggupito, Wonogiri pada Kamis-Jumat (27-28/5). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut kerjasama antara ITNY dengan Pemerintah Desa Gendayakan dalam hal pemberdayaan masyarakat melalui program Bina Desa. Bakti Sosial Djarum Foundation mendukung kerjasama ITNY dengan pemerintah Desa Gendayakan tersebut.

Mahasiswa Pecinta Alam Ganesha Paksi Adri (Mapala Gapadri) ITNY bersama dengan Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka)  berhasil mengangkat air bersih di luweng/Gua Jomblang, Dusun Ngejring, Gendayakan 2020 lalu. Saat ini air bersih tersebut dimanfaatkan warga desa setempat. Pemanfaatannya akan dioptimalkan agar bisa menjangkau empat dusun.

Rombongan para dosen ITNY tiba di Gendayakan pada Kamis, 27 Mei 2021. kegiatan inisiasi yang akan berlangsung selama dua hari ini sebagai langkah awal.

Kepala lembaga kerjasama, Dr Hita Pandita mengatakan bahwa  melalui program bina desa ini, para dosen dan mahasiswa akan mengaplikasikan ilmu untuk mengatasi masalah di desa gendayakan.

“Program yang akan diselenggarakan adalah pemberdayaan masyarakat berbasis teknologi yang berdurasi dua hingga tiga tahun. Namun kerjasama ini bisa diperpanjang sesuai kesepakatan” jelas Hita.

Ketua Pelaksana, Agus Jayatun, MT mengatakan bahwa Para Dosen dan Mahasiswa menghimpun data faktual untuk memetakkan permasalahan di desa tersebut. Berdasar data dan peta tersebut, para dosen dan mahasiswa akan merumuskan langkah-langkah untuk menagatasinya. Desa Gendayakan merupakan wilayah tak terjangkau signal komunikasi atau blank spot

“Kami mempunyai Prodi Teknik Elektro akan berupaya memecahkan persoalan tersebut agar sinyal komunikasi seluler dapat menjangkau desa gendayakan”, kata Agus

Terkait Infrastruktur jalan dan potensi wisata, didesa Gendayakan tidak bisa untuk mobil berpapasan. Dalam hal ini prodi Teknik Sipil dan Perencanaan Wilayah dan Kota ITNY akan mengkaji masalah ini, termasuk mengkaji soal pergeseran tanahnya.

Dosen dan mahasiswa teknik mesin berkontribusi dibidang teknologi tepat guna. Kontribusi yang diberikan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. seperti menciptakan alat perajang/pencacah singkong untuk warga. Sedangkan dosen dan mahasiswa Geologi dan Pertambangan bisa mengkaji potensi alam untuk pariwisata atau laboratorium alam.

Tim juga akan memberikan pelatihan kepada warga agar memiliki ketrampilan dalam memproduksi hasil bumi yang bernilai ekonomi. Program ini merupakan wujud Tridharma perguruan Tinggi yaitu mengajarkan, melaksanakan pengabdian masyarakat dan meneliti.

Kepala Desa Gendayakan, Heri Sutopo menyambut baik program ITNY. Dia menjelaskan bahwa Desa Gendayakan terbagi dalam tiga sektor yaitu sektor barat, utara dan timur. Ia berharap kerjasama dengan ITNY menghasilkan sesuatu yang berguna untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Hadirnya ITNY ini memberikan semangat baru untuk persaudaraan, Inilah yg kami harapkan, dari kekurangan kita masih ada yang peduli dan membantu kita” ucap Heri

Program Associate Bakti Sosial Djarum Foundation, Budi Dharmawan, mendukung Program bina desa oleh ITNY. Program ini merupakan langkah lanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni pengangkatan air dari luweng/Goa Jombang