ITNY Ikuti Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020

17-10-20 Admin 0 comment

 

Dalam rangka implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) berpartisipasi dalam Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring oleh Universitas Tarumanagara, pada hari Kamis hingga Sabtu (15-17/10-2020). Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Membangun Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Nusantara dalam Mendukung Indonesia Maju”.

Dalam kesempatan ini, ITNY mengirimkan 43 mahasiswa dari 5 Program Studi untuk bergabung dengan ribuan peserta program dari seluruh penjuru Indonesia. Sebagai wujud dari implementasi kurikulum MBKM, nilai yang diperoleh dari keikutsertaan mahasiswa pada kegiatan ini akan dikonversikan menjadi nilai Mata Kuliah Technopreneurship, yang merupakan salah satu Mata Kuliah Penciri Institusi di ITNY.

“Peserta kegiatan ini secara otomatis akan memperoleh konversi nilai untuk Mata Kuliah Technopreneurship,” terang Wakil Rektor I ITNY, Dr. Ratna Kartikasari, S.T., M.T.

Peserta kegiatan ini mendapatkan materi mengenai kreativitas, inovasi, dan kolaborasi dalam kewirausahaan; strategi membangun Start Up bisnis, tata cara mendirikan perusahaan, kiat-kiat mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), serta keterampilan komunikasi dan negosiasi. Kegiatan ini juga diisi dengan CEO Talk yang menghadirkan CEO sekaligus Ketua Asosiasi Pariwisata Nasional, Dr. Ngadiman, S.H., S.E., M.Si.

Dalam sambutannya, Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T., menjelaskan bahwa partisipasi ITNY dalam kegiatan ini merupakan wujud dari implementasi kerja sama yang terjalin antara ITNY dan UNTAR. Dengan pelatihan kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa ITNY untuk menjadi technopreneur muda di masa yang akan datang.

“Pelatihan kewirausahaan ini selaras dengan visi ITNY untuk menjadi unggulan di bidang technopreneur, khususnya di bidang energi masa depan,” pungkas Ircham.