IKAGEO ITNY Gelar Training dan Program Sertifikasi Ahli Pengendali Pemboran

Ikatan Alumni Geologi (IKAGEO) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan  Pelatihan Drilling Engineering and Drilling Controller Specialist (Ahli pengendali pemboran).   Kegiatan ini digelar di kampus ITNY pada 29 maret – 3 April 2022 dan didukung oleh training provider, Prominensia.

Ketua Ikageo sekaligus owner Prominensia, Agus Suyono, ST, MMT, mengatakan bahwa pelatihan  tentang pemboran minyak, gas bumi dan geothermal ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dan alumni dengan sertifikat kompetensi pemboran.

“pelatihan ini sangat jarang diselenggarakan, jikalau ada, harganya pasti mahal sekali, sementara kali ini diadakan dengan  harga yang sangat murah”, terang pengawas K3 PT Medco E&P Indonesia tersebut.

Pelatihan ini menjadi sangat istimewa karena narasumbernya yang hebat dan humoris yaitu Ir. H. Widradjat Aboekasan, BcM, MM, MBA, PhD, dosen Universitas Trisakti, pengarang buku Teknik Operasi Pemboran serta inisiator pertamina drilling service Indonesia.

Mbah Blangkon, panggilan akrap Widradjat memberikan materi tentang petroleum geology, drilling, hingga keselamatan dan Kesehatan Kerja.

“Pelatihan secara tatap muka  langsung di ITNY ini sangat positif, Lebih bagus lagi jika pelatihan di lapangan, seperti magang”, jelas Mbah Blangkon. 

Peserta pelatihan adalah mahasiswa Geologi,  Elektro, serta alumni Teknik Geologi ITNY.

Alumni Teknik Geologi ITNY, Giat Purnomo, ST mengaku sangat senang sekali dengan adanya kegiatan ini, hingga ia dari Jakarta membawa anak istri  ke jogja untuk menggali ilmu dengan mbah blangkon.

“saya sudah tidak sabar lagi menunggu kegitan ini, saya mempunyai banyak kendala di pekerjaan saya di pemboran. Dengan adanya pelatihan ini, masalah saya semua terjawab”, Jelas ahli pemboran Indonesia tersebut.

Giat Juga berpesan kepada adik-adik tingkatnya untuk terus  punya integritas dan attitute yg baik untuk bisa sukses.

Pada kesempatan ini Agus sudah merencanakan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini nantinya diperbolehkan untuk magang di perusahaan-perusahaan pemboran seperti PT Navita Origo Solution. Tentu saja mahasiswa harus menunjukkan sertifikat pelatihan ini pada saat melamar magang.

Mahasiswa Teknik Geologi ITNY, Abdul Rahmat mengaku bersyukur sekali bisa mengikuti pelatihan ini,

“saya mendapatkan banyak ilmu yang tidak diajarkan detail di kuliah, saya menjadi tau lebih tentang dunia pemboran”, jelas  mahasiswa semester akhir ITNY tersebut.

Pada akhirnya Agus mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Mbah Blangkon yang sudah berkenan berbagi ilmu kepada para mahasiswa dan alumni ITNY sehingga para mahasiswa mendapatkan sertifikat kompetensi drilling. “Sehat selalu mbah” pungkas Agus.