GREEN TRANSPORTATION : IN PERSPECTIVE OF SUISTAINABILITY SYSTEM

04-01-13 Admin 0 comment

Alumni Teknik Sipil STTNAS yang menjadi guru besar di Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) di Malaysia, Prof. Resdiansyah Mansyur, Ph.D kembali memberi kuliah umum di STTNAS. Kuliah umum dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2012 di ruang D13 Kampus STTNAS jam 08.00 dengan tema Transportasi Hijau : Dalam Perspektif Sistem Berkelanjutan.
Kuliah ini diikuti oleh mahasiswa Teknik Sipil khususnya yang mengambil mata kuliah Rekayasa Tranportasi dan Rekayasa Geometri Jalan.

Dalam kuliah umumnya, Prof. Resdiansyah Mansyur, Ph.D menerangkan tentang “Green Transport” (Transportasi Hijau) merupakan perangkat transportasi yang berwawasan lingkungan dan merupakan pendekatan yang digunakan untuk menciptakan transportasi yang sedikit atau tidak menghasilkan gas rumah kaca.

Transportasi Hijau dapat dilakukan melalui penggunaan bahan bakar hijau (bahan bakar nabati, bahan bakar sel, bahan bakar gas), penggunaan kendaraan hijau (mobil listrik, mobil hybrid), infrastruktur cerdas menggunakan ITS (Intelligent Transportation System), Public Transportartation (LRT, MRT, BRT, Monorail) serta menghitung dan mengevaluasi efek rumah kaca.
Dalam kuliah tersebut juga dipaparkan penerapan Transportasi Hijau di Malaysia dan harapan penggunaan Transportasi Hijau di Indonesia khususnya Yogyakarta.

Prof. Resdiansyah Mansyur, Ph.D adalah alumni Teknik Sipil STTNAS (lulus tahun 1995). Melanjutkan studi S2 di Magister Sistem Teknik Transportasi UGM dan kemudian sambil magang di UKM beliau melanjutkan studi S3 sampai memperoleh gelar Doktor. Saat ini beliau mengajar di Universiti Malaysia Sarawak.

Foto0029

 

Foto0037

 

Foto0041