GENERAL LECTURE “SUSTAINABLE ENERGY” PSETEE STTNAS

02-08-11 Admin 0 comment

Pada hari Sabtu, 30 Juli 2011 jam 10.00-12.00 WIB di Ruang Sidang Lantai 2 STTNAS, PSETEE (Pusat Studi Energi Terbarukan dan Efisiensi Energi) STTNAS menyelenggarakan General Lecture atau Kuliah Umum yang diikuti lebih kurang 40 peserta yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa STTNAS.

Kuliah umum itu menyampaikan 2 materi yaitu :

1. Ocean Energy Technology dengan narasumber Prof. Hugh Outhred yang merupakan guru besar luar biasa STTNAS yang juga guru besar di UNSW (University of New South Wales) Australia.
2. PV-Wind Hybrid Energy System for Ice Making dengan narasumber Septian Andra yang merupakan mahasiswa Teknik Elektro  STTNAS angkatan 2008

Bertindak sebagai moderator yaitu Ibu Ir. MIT. Retnanestri, MEng.Sc, Ph.D. dan notulen Bp. Tugino, ST,MT. Keduanya adalah dosen Teknik Elektro STTNAS.

Dalam kuliah umum tersebut, Prof. Hugh Outhred menerangkan tentang berbagai macam mesin yang dipakai untuk menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan sumber-sumber energy dari  laut yaitu angin, ombak, sinar matahari, panas air laut dan kadar garam air laut.

Sedangkan Septian Andra membagi  pengetahuan yang didapatnya selama mengikuti kerja praktek di Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Surya yang dibangun BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di Pantai Pandansimo Baru Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kombinasi dari pembangkit listrik tenaga angin dan sinar matahari di Pantai Pandansimo Baru itu bisa menghasilkan energi listrik sebesar 162,48 KWH kemudian digunakan masyarakat Srandakan yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan untuk membuat es yang digunakan untuk mengawetkan ikan.

Pembicara kuliah umum PSETEE, dari kiri : Tugino, ST, MT; Septian Andra; Ir. MIT. Retnanestri; Prof. Hugh Outhred
Narasumber Septian Andra menerangkan tentang PV-Wind Hybrid Energy System for Ice Making
Narasumber Prof. Hugh Outhred menerangkan tentang Ocean Energi Technologi