FIELD TRIP GEOLOGI PERBUKITAN KULONPROGO BAGIAN TIMUR

17-03-15 Admin 0 comment

Sebagai kelanjutan dari Seminar Nasional “Dinamika Geologi Perbukitan Kulon Progo” yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2015, pada keesokan harinya pada hari Minggu tanggal 15 Maret 2015 diadakan field trip ke lokasi-lokasi pengamatan di Kulon Progo bagian Timur. Field Trip dimulai pukul 08.00 WIB dengan tujuan 6 lokasi pengamatan.

Lokasi-lokasi pengamatan dipilih karena dinilai cukup ideal untuk mewakili berbagai permasalahan geologi daerah Pegunungan Kulon Progo atau Pegunungan Wetan Bogowonto. Pada setiap lokasi pengamatan diberikan uraian singkat dan beberapa permasalahan umum maupun spesifik sehingga para peserta dapat mengkaji dan memberikan argumentasinya masing-masing sesuai dengan kepakarannya.

Rute lokasi pengamatan dari 1 sampai 6 merupakan lintasan yang relatif dengan arah utara-selatan, berikut ini lokasi-lokasinya :

Lokasi pengamatan 1 di jalan sebelah barat Dusun Degan 2. Lokasi pengamatan ini memberikan gambaran bentang alam sisi timur Pegunungan Kulon Progo bagian tengah.

Lokasi pengamatan 2 di bawah jembatan Kali Serang, Niten, Karanganyar, Giripurwo, Girimulyo. Pada lokasi pengamatan ini para peserta diajak turun ke Kali Serang untuk melihat Singkapan kontak Formasi Andesit Tua dengan Formasi Sentolo.

Lokasi pengamatan 3 di dasar Kalisonggo, Dusun Kalisonggo, Pendoworejo, Girimulyo. Lokasi pengamatan ini menunjuk pada keberadaan batuan intrusi dangkal Kalisonggo.

Lokasi pengamatan 4 di dasar dan tebing Kali Puru, Pendoworejo, Girimulyo. Lokasi ini merupakan singkapan batuan sedimen penyusun Formasi Nanggulan.

Lokasi pengamatan 5 di dasar dan tebing Kali Clumprit, Bangunan Selokan Kalibawang. Lokasi ini menunjukkan tanah yang sering bergerak sehingga dibangun undak untuk menahan gerakan tanah dari endapan koluvial yang cukup tebal mencapai 5 meter.

Lokasi pengamatan 6 di dusun Ngentak, Banjararum, lokasi ini berupa bukit yang disusun oleh batu gamping warna putih cerah.

Pada pukul 15.00 WIB field trip selesai dan para peserta kembali ke Kampus Lapangan Kulon Progo.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC