Fakultas Vokasi ITNY Selenggarakan Seminar Online “INDUSTRIAL AUTOMATION & ROBOTIC”

06-07-21 Admin 0 comment

Perkembangan sistem otomasi dan robotik di industri sangat pesat saat ini. Beberapa perusahaan seperti industri manufaktur, otomotiv, pabrik penyedia bahan baku atau bahan jadi banyak yang beralih menggunakan sistem otomasi dan robotika. Tuntutan lulusan perguruan tinggi terutama lulusan Vokasi diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi tersebut. Untuk mensikapi kondisi tersebut, Fakultas Vokasi  Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (FV ITNY) Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Online dengan dengan thema  “Industrial Automation and Robotic“ pada hari Sabtu (3/7) dengan menghadirkan  3 pakar di bidangnnya.

Hadir sebagai pembicara 1  yaitu Bapak Ir. Zulkifli Harun  yang juga Alumni Teknik Elektro ITNY  yang saat ini menjabat sebagai Power Maintenance Manager, Production Quality Manager dan  Technical Control Manager di PT Suzuki Indomobil Motor Cikarang Plant yang menyampaikan materi tentang “Industrial Robotic”. Sebagai pembicara 2  yaitu Bapak Triyanto Setyo Rukmono, S.T. yang juga Alumni STTNAS/ITNY yang saat ini menjabat sebagai Direktur CV. Berkah Abadi, yang menyampaikan materi tentang “System Integrasi Robot untuk Proses Gravity Die Casting”. Dan sebagai Pembicara 3 yaitu Bapak Tugino, S.T., M.T. , sekaligus Dekan Fakultas Vokasi ITNY, yang juga Alumni  STTNAS/ITNY yang menyampaikan Topik “ Aplikasi Robot AGV di Industri”

Menurut Tugino, ST MT selaku Dekan fakultas  Vokasi ITNY menuturkan, bahwa fihaknya sebagai Perguruan Tinggi Teknik merasa ikut terpanggil untuk ikut serta dalam menghadirkan pakar yang terkait dengan dunia industri untuk sharing pengalaman dan masalah yang di hadapi di Industri. Fakultas Vokasi ITNY konsisten dalam upaya mengembangkan ilmu dan teknologi yang aplikatif yang mendukung sistem pembelajaran di kampus.

“Kegiatan Seminar online terkait sistem Otomasi dan Robotik untuk sistem Otomatisasi di dunia industri otomotif merupakan salah satu dari kegiatan rutin yang diadakan oleh Fakultas Vokasi ITNY“ demikian tutur Tugino.

Seminar online FV ITNY di ikuti oleh 152 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, juga Guru serta siswa SMK dan SMU juga praktisi industri dan lembaga swasta dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Bapak Wakil Rektor III ITNY : Dr. Hill. Gendoet Hartono, S.T., M.T. menyampaikan bahwa “Dengan kuliah umum online yg menghadirkan pakar di dunia industri ini, diharapkan peserta seminar mendapatkan pengalaman yang sangat berharga tentang aplikasi PLC dan Robotik untuk sistem otomatisasi di Industri.