Fakultas Vokasi ITNY selenggarakan Kuliah Umum Online

03-05-21 Admin 0 comment

Fakultas Vokasi ITNY selenggarakan Kuliah Umum Online
“Manajemen Proyek Sistem Ketenagalistrikan di Bandara YIA Yogyakarta serta Aplikasi Software ETAP untuk Desain dan Analisis”

Mensikapi kondisi pandemik Covid-19 yang masih barlangsung saat ini, kualitas pembelajaran di seluruh perguruan tinggi tentunya menurun. Pembelajaran yang mestinya dilaksanakan secara normal yaitu antara teori dan praktek harus sejalan, saat ini tidak bisa optimal. Fakultas Vokasi  Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan Kuliah umum  pada 1 Mei 2021 secara virtual. Hadir sebagai pembicara, Direktur  di PT Novita Persada Mamik Istiyarto, Amd S.Si,  yang juga Alumni Vokasi ITNY. Mamik memberikan materi  tentang Manajemen Proyek  Pemasangan SKTM, Kubikel dan KWH meter untuk pelayanan daya listrik 8.660 kVA di Bandara YIA. Dekan Fakultas Vokasi, Tugino, ST, MT mengatakan bahwa sebagai Perguruan tinggi Teknik, ITNY akan sering menghadirkan pakar yang terkait dengan dunia industri untuk sharing pengalaman dan masalah yang di hadapi di Industri. Fakultas Vokasi ITNY konsisten dalam upaya mengembangkan ilmu dan teknologi yang aplikatif yang mendukung sistem pembelajaran di kampus. “Dengan menghadirkan pakar di dunia industri ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga tentang project sistem ketenagalistrikan serta Aplikasi Software ETAP untuk desain dan analisisnya”, ujar Tugino.  Sebagai pembicara kedua,Tugino juga menjelaskan tentang Aplikasi Software ETAP untuk desain dan analisis project sistem ketenagalistrikan.

Aplikasi Software ETAP yang menarik dan tidak membosankan akan digunakan sebagai pengembangan kurikulum pembelajaran di kampus khususnya di Fakultas Vokasi ITNY. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa-mahasiswa Vokasi D3 Teknik Elektro, D3 Teknik Mesin dan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri, dosen-dosen ITNY juga peserta dari beberapa kampus baik di Jawa maupun di luar jawa serta dari fihak swasta. Para mahasiswa menyambut baik kuliah umum ini. Tingkat pemahaman materi juga dirasa lebih baik karena di sampaikan oleh narasumber langsung dari kalangan Dunia Industri. Selanjutnya, Sistem Kuliah umum online dengan menghadirkan para pakar pada bidangnya ini akan secara rutin diselenggarakan di Fakultas Vokasi ITNY.