Dukung Merdeka Belajar, ITNY Jalin Kemitraan dengan Pelaku Industri Pertambangan

20-05-21 Admin 0 comment

Dalam rangka mendukung implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menjalin kemitraan dengan empat perusahaan pelaku industri pertambangan. Kemitraan tersebut diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara Fakultas Teknologi Mineral ITNY dengan empat perusahaan di bidang pertambangan, yakni CV Handika Karya, CV Seno Watu Aji, UD Kota Garam, dan PT Studio Mineral Batubara yang diselenggarakan di Kampus Terpadu ITNY pada hari Kamis (20/5).

UD Kota Garam

 

CV Handika Karya

 

CV Seno Watu Aji

 

PT Studi Mineral Batubara

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III ITNY, Dr. Hill. Gendoet Hartono, S.T., M.T. menyebutkan bahwa kerja sama strategis antara civitas akademika ITNY dengan pelaku industri diperlukan, khususnya dalam rangka memberikan pengalaman belajar di luar kampus bagi mahasiswa. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dijalankan oleh ITNY memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menempuh sekurang-kurangnya 20 SKS di luar program studi. Di samping sebagai wujud implementasi kurikulum MBKM, kerja sama strategis dengan mitra industri juga diperlukan untuk meningkatkan daya saing lulusan ITNY.

“Program magang melalui kerja sama dengan mitra industri ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing lulusan ITNY di dunia kerja,” terang Hill.

Para mitra dari dunia industri juga menyambut baik kesempatan yang diberikan oleh ITNY untuk menjalin kerja sama. Kemitraan dengan ITNY ini diharapkan dapat membantu pelaku industri di bidang pertambangan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitasnya, terutama melalui masukan-masukan dari para sivitas akademika di ITNY. Terkait dengan pelaksanaan magang, perwakilan dari keempat perusahaan mitra ITNY menyatakan komitmen untuk mendukung pelaksanaan program magang dan kerja praktek bagi mahasiswa ITNY. Menurut Lidiana Erfiandri, S.T. selaku CEO PT Studio Mineral Batubara, pengalaman magang menjadi poin penting yang dipertimbangkan oleh para rekruiter untuk melakukan seleksi bagi pencari kerja.

“Mahasiswa ITNY yang memiliki pengalaman magang tentunya memiliki nilai plus dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi lain yang belum memiliki pengalaman serupa,” jelas Lidiana.