Dosen STTNAS raih gelar Ph.D di Taiwan

30-01-17 Admin 0 comment

Subardi (Adi Subardi) dosen Teknik Mesin STTNAS Yogyakarta telah dinyatakan lulus dihadapan komite penguji pada Hari Jumat Tanggal 13 Januari 2017 Di “Departement of Materials Science and Engineering”, National Dong Hwa University (NDHU) Taiwan,Dengan penguji sebagai berikut:

Prof. Ming-Show Wong (NDHU)
Prof. Yen-Pei Fu-supervisor (NDHU)
Prof. Shyong Lee (National Taiwan Normal Univ),
Prof. Jian-Yih Wang (NDHU)
Prof. Shao-Hua Hu (Dahan Institute of Technology).

Subardi menyatakan, “Saya bersyukur dan berterima kasih kepada keluarga dan kerabat di tanah air atas dukungannya selama ini. Ucapan terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada :
1.Bapak Ir. H. Ircham, M.T. (Ketua STTNAS Yogyakarta)
2.Bapak Ir.H Otto Santjoko, M.T. (Ketua YPTN)
3.Segenap Keluarga Besar STTNAS.
yang telah memberikan kesempatan dan dukungan untuk menyelesaikan PhD di Taiwan”. Topik disertasinya tentang sel bahan bakar padat-solid oxide fuel cell (SOFC) yang merupakan salah satu sumber energy terbarukan. Menurut Subardi, SOFC memiliki potensi sangat besar dan akan menjadi salah satu sumber energy listrik dimasa mendatang. Keunggulan teknologi ini antara lain memiliki efisiensi tinggi (80%), ramah lingkungan dan bahan bakarnya fleksibel bisa menggunakan biogas, H2, biomass dan lainnya. Aplikasinya cocok untuk pembangkit listrik sekala menengah/besar, transportasi (darat, laut, udara), perumahan-gedung, pemukiman terpencil sampai alat utama sistim pertahanan.

Jurusan menyelenggarakan acara perpisahan minggu berikutnya dihadiri oleh Mrs Jessica (direktur “Office of International Affairs, NDHU) dan staf, kajur, supervisor/pembimbing dan beberapa mahasiswa. Pada acara perpisahan tersebut dia memperoleh piagam penghargaan “Leadership and Contribution as International Student” dari NDHU baik tingkat universitas maupun jurusan. Penghargaan disampaikan oleh Mrs Jessica mewakili Wakil Presiden NDHU, sementara itu penghargaan dari jurusan diserahkan Prof. Yen-Pei Fu didampingi kajur Prof. Yi-Jia Chen. Dalam penuturannya, “ saya tidak menyangka atas pengakuan yang tinggi ini apalagi dari universitas di luar negeri. Menurut staf jurusan, acara tersebut baru pertama kali diselenggarakan dan saya merasa terharu dilepas oleh pimpinan jurusan dan universitas sebelum kembali ke Indonesia”. Mengakhiri wawancara dengan pewarta STTNAS Yogyakarta, dia menyampaikan harapannya semoga teknologi SOFC dapat dikembangkan lebih lanjut dan bisa diaplikasikan untuk menjawab persoalan energi dimasa mendatang. Dan menyampaikan salam bagi keluarga besar STTNAS Yogyakarta di tanah air.

Selamat & Sukses Untuk Subardi (Adi Subardi) dosen Teknik Mesin STTNAS Yogyakarta.