Apresiasi KKN ITNY di Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo

17-02-21 Admin 0 comment

 

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) dengan program “Penerapan Teknologi di Masyarakat” mendapatkan apresiasi dari perangkat pemerintahan yang ada di Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan KKN di lokasi Nanggulan ini telah berjalan sejak tahun 2018 sebagai bentuk kerangka implementasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi (LPPMI) ITNY dengan Pemerintah Kapanewon Nanggulan.

Pada evaluasi pelaksanaan KKN yang dilaksakan secara daring, Senija, S.IP., M.Si. selaku Panewu Anom Nanggulan menyampaikan bahwa terdapat 4 jenis output kegiatan KKN ITNY pada periode Ganjil TA 2020/2021 yaitu: 1) KKN ITNY telah membuat sebuah video alur panduan permohonan informasi publik secara daring, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan permohonan layanan pemerintahan pada masa pandemi ini, 2) Video potensi wisata yang ada di Kapanewonan Nanggulan sehingga dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan obyek wisata yang ada di Nanggulan. 3) Membuat template banner sebagai media promosi kegiatan panewon yang dapat diupload melalui media sosial seperti facebook, instagram dan website resmi pemerintahan. 4) Peta citra satelit letak tanah kas desa untuk 4 desa yaitu Desa Kembang, Desa Jatisarono, Desa Tanjungharjo, dan Desa Banyuroto, yang selanjutnya akan diajukan sebagai inovasi dalam ajang Innovative Government Award 2021.

Kepala LPPMI ITNY, Dr. Ani Tjitra Handayani, ST., MT sangat berterima kasih atas partisipasi mahasiswa KKN walau berada pada kondisi belum normal, dengan didampingi dosen pembimbing lapangan, KKN telah berhasil membantu mewujudkan penerapan teknologi di masyarakat. Program KKN ini merupakan kelanjutan dari program KKN semester Genap 2019/2020.

Selain itu dalam rangka mendukung program pemerintah menanggulangi penyebaran Covid 19, ITNY juga memberikan salah satu fasilitas penerapan protocol kesehatan yaitu wastafel portable yang diberikan di seluruh lokasi KKN. Adapun wastafel portable ini diinstalasi di kantor – kantor kelurahan dan kantor kapanewon di wilayah Nanggulan.