Teknik Planologi

 

 

Program Studi Teknik Planologi

 

Program Sarjana (S.1)

Peran Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) dalam Otonomi Daerah

Kebijakan pemerintah tentang otonomi daerah memberikan paradigma baru dalam strategi perencanaan pembangunan wilayah dan kota di Indonesia. Undang-undang No.22 tahun 1999 menegaskan bahwa daerah memiliki kewenangan besar dalam pengolahan sumber daya pembangunan, baik fisik maupun non fisik, khususnya ruang wilayah sebagai wadah aktifitas masyarakat. Penataan ruang menjadi sangat penting sebagai upaya optimalisasi pemanfaatan ruang, melalui perencanaan dan pengendalian yang terarah, berkesinambungan, dan berorientasi kemasa depan.

Tugas-tugas perencanaan wilayah dan kota memerlukan tenaga-tenaga terampil dan berkemampuan baik, agar tujuan perencanaan wilayah dan kota dapat tercapai. Kurang tersedianya tenaga perencana didaerah mengakibatkan kurangnya kemampuan daerah dalam mengelola tata ruangnya. Untuk memenuhi tantangan penyediaan tenaga perencana tersebut, STTNAS telah menyelenggarakan Program Studi Teknik Planologi Strata I yang merupakan Program Studi Teknik Planologi pertama di Yogyakarta.

Tujuan Pendidika

Pendidikan di Program Studi Teknik Planologi bertujuan untuk:

Memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk memperoleh pendidikan tinggi di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi).

Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang tercermin dalam pola pikir rasional, strategis dan analitis untuk merumuskan alternatif terbaik sebagai pemecahan persoalan pembangunan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Menghasilkan tenaga perencana wilayah dan kota yang secara teknis dan subtantif dapat menghasilkan dan menyajikan produk-produk perencanaan, baik tingkat wilayah, kota, maupun kawasan.

Program Pendidikan

Program pendidikan Sarjana Teknik Planologi menerima calon mahasiswa dari lulusan SMU/SMK yang memenuhi persyaratan serta lulus ujian masuk STTNAS. Mahasiswa harus menyelesaikan 144 sks yang dapat ditempuh dalah 8 semester. Untuk memberikan kesempatan mahasiswa memperdalam bidang keahlian yang diminatinya diselenggarakan mata kuliah pilihan.

Struktur Kurikulum Program Studi Teknik Planologi didasarkan pada Elemen Kompetensi Kurikulum yang meliputi landasan kepribadian, penguasaan ilmu dan keterampilan, kemampuan berkarya, kemampuan bersikap, dan kemampuan bermasyarakat.

Mata kuliah di Program Studi Teknik Planologi lebih diarahkan pada pemberian bekal mahasiswa terhadap penguasaan metode analisis perencanaan, teknik perencanaaan dan perancangan, teori-teori perencanaan, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, organisasi tata ruang, pengembangan masyarakat, pengembangan prasarana dan fasilitas, perencanaan transportasi, manajemen pembangunan, teknik evaluasi perencanaan, serta mata Kuliah Pilihan sebagai sarana untuk memperdalam perminatan khusus mahasiswa pada bidang keahlian tertentu.

Kegiatan Studio dilaksanakan oleh mahasiswa secara kelompok mulai semester IV, merupakan praktek profesioanal mahasiswa yang menggabungkan kegiatan lapangan, kajian-kajian teori, dan kebijakan perencanaan. Hasil kegiatan studio berupa Produk Rencana Tata Ruang (wilayah, kota,kawasan), baik berupa Buku, Peta, Gambar, Foto, dan Maket Perancangan. Untuk memperdalam praktek profesioanal perencana, diadakan mata kuliah Kerja Praktek pada semester VIII.

Selain kemampuan profesional perencanaan, lulusan diharapkan memiliki kemampuan sebagai peneliti yang tanggap terhadap isu-isu perencanaan / pembangunan.

Fasilitas

Laboratorium Komputer Perencanaan

Laboratorium Komputer Perencanaan didukung oleh sejumlah komputer (PC) dengan kualifikasi terbaru yang terhubung dalam jaringan LAN dan Internet, ruangan nyaman dan dilengkapi AC. Fasilitas ini digunakan untuk Praktikum dan Pelatihan, antara lain :

Praktikum/Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan

Pemetaan.

Praktikum Sistem Informasi dan Metode Analisis Perencanaan.

Program Aplikasi yang tersedia meliputi Program Aplikasi Pengolahan Data, Statistik, SIG, Grafis, dan lain lain.

 
Studio Perencanaan dan Perancangan

Merupakan ruang khusus yang difungsikan untuk kegiatan praktek profesional perencanaan dan perancangan (pembuatan produk) yang dilengkapi dengan perangkat komputer dan aplikasinya, ruang diskusi dan perlengkapannya, ruang presentasi dan peralatan pendukungnya, serta ruang dokumentasi produk-produk perencanaan baik berupa pustaka, peta, gambar, foto, dan maket.

Kegiatan studio terdiri atas Studio Proses Perencanaan (Planning Process), Studio Perencanaan Kota (Urban Planning), Studio Perencanaan Wilayah (Regional Planning), Studio Perancangan Kota (Urban Design).

Perpustakaan

Tersedia koleksi buku teks (terbitan dalam dan luar negeri), jurnal dan majalah ilmiah, laporan penelitian, dan dokumen-dokumen yang diterbitkan pemerintah, yang berkaitan dengan bidang Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi), untuk mendukung kegiatan perkuliahan dan penelitian.

Prospek Lulusan

Lulusan Teknik Planologi dapat bekerja di Pemda (Bappeda, Kimpraswil, BPN, dsb), konsultan perencana, developer, LSM, Tenaga pengajar (Dosen).

Tenaga Pengajar

Tenaga Pengajar Program Studi Teknik Planologi terdiri atas beberapa ahli dari berbagai bidang ilmu, khususnya bidang Teknik Planologi yang bergelar sarjana (S.1) maupun pascasarjana (S.2 dan S.3) dengan pengalaman dibidang akademis maupun profesional. Tenaga Pangajar sekaligus Pembina Program Studi Teknik Planologi STTNAS antara lain adalah:

  1. Prof. Dr. Ir. H. Djoko Sujarto, M.Sc (Perencanaan Wilayah & Kota/Regional & City Planing)
  2. Drs. Achmad Wismoro, ST.,MT. (Manajeman Kota / Urban Management)
  3. Iwan Aminto Ardi, ST. (Sistem Informasi Geografis / Geographic Information System)
  4. Solikhah Retno Hidayati, ST. (Perencanaan Kota / Urban Planning)
  5. Sri Rahayu Gusmarwani, ST.,MT. (Kimia Teknik/ Statistik dan Probabilitas )
  6. Fahril Fanani, ST. (Perancangan Kota / Urban Design)

Leave a reply