Teknik Elektro

Teknologi entertain (TV, video player dan sound system), teknologi home appliances (mesin cuci, AC dan penyedot debu), teknologi multimedia (menggabungkan teknologi informasi dan komputer), teknologi kendali (pesawat terbang, wahana angkasa, mobil, industri-industri), telekomunikasi (handphone, satelit, dan GPS) dan penyediaan daya listrik berkembang dengan pesat. Kesemuanya itu adalah bagian kecil dari aplikasi ilmu yang dipelajari oleh Sarjana Teknik Elektro dan Ahli Madya Elektro yang maha luas.

Pada dasarnya kesemua teknologi tersebut berasal dari perilaku electron, karena dia terdapat di seluruh benda dan berperan dalam gejala alam yang disebut kelistrikan. Teknik Elektro memandang elektron sebagai pelaku utama dalam proses pengalihan energi, pengolahan isyarat dan pengalihan informasi.

Teknik Elektro diwujudkan dalam 3 (tiga) dimensi, yaitu energi,isyarat dan informasi. Dalam dimensi energi dipelajari bagaimana energi dibangkitkan, disaluran melalui kabel transmisi dan distribusi, serta bagaimana energi itu digunakan pada pemakaian langsung. Pada dimensi isyarat, perilaku elektron pada bahan merupakan perhatian utama. Dimensi ini berkembang menjadi telekomunikasi dan teknik instrumentasi. Sedangkan dimensi informasi secara khas dijumpai pada peralatan elektronis yang dikenal sebagai komputer.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan program sarjana teknik dan ahli madya teknik di Jurusan Teknik Elektro adalah menghasilkan lulusan yang mampu menangani pekerjaaan yang berhubungan dengan kelistrikan dan informasi dalam hal pengoperasian, perbaikan maupun pemeliharaan, serta mempunyai kemampuan dasar dalam hal perencanaan dan manajerial.

Program Pendidikan

Kuliah dirancang dalam bentuk pola link and match dengan kalangan industri. Hal itu terlihat dengan terserapnya lulusan STTNAS di berbagai bidang industri.

Kuliah Teknik Elektro bertujuan membangun :

  • Apresiasi mengenai kelistrikan
  • Pengertian yang luas dari keseluruhan cabang iptek
  • Kemampuan khusus pada lapangan dan kerja laboratorium
  • Perhatian mendalam kepada lingkungan
  • Lulusan yang cepat terserap oleh industri
  • Beban Studi Sarjana Teknik Elektro diwujudkan dalam beban 144 sks (8 semester) dan dapat dilakukan secara reguler  maupun ekstensi, sedangkan untuk Ahli Madya dalam beban studi 106 sks (6 semester).

 

Semester 1 dan 2

Pada semester awal dipelajari aspek relevan dari matematika, kalkulus dan fisika. Studi Teknik Elektro meliputi hal-hal Dasar Elektronika, Dasar Elektro Pengukuran dan Rangkaian Listrik.

Semester 3 dan 4

Mata kuliah dasar keahlian diajarkan di semester ini meliputi Elektronika, Telkom, Kendali, Komputer, Konversi Energi dan Pemanfaatan Energi.

Semester 5 dan 6

Pemisahan konsentrasi di mulai di semester ini. Adapun konsentrasi untuk program ahli madya adalah instrumentasi & kendali dan mesin-mesin listrik. Konsentrasi instrumentasi & kendali mengkhususkan pada masalah instrumentasi industri meliputi transduser, kendali diskit, sistem digital dan alogaritma, sendangkan konsentrasi mesin-mesin listrik menitik beratkan pada mesin-mesin DC, AC dan alternator serta bagaimana pengendalian dan pemeliharaannya. Studi untuk program ahli madya diakhiri dengan melaksanakan tugas akhir.

Program Sarjana teknik mempunyai tiga konsentrasi yaitu, Sistem Tenaga Listrik, Sistem Isyarat Elektronis dan Teknologi Informasi. Sistem tenaga listrik membahas masalah pembangkitan energi, pentransmisian dan distribusi, penggunaan energi, meliputi motor-motor listrik dan instalasi cahaya. Sistem Isyarat Elektonis membahas teknik kendali, elektornika, sistem dan telkom; sedangkan Teknologi Informasi membahas perencanaan, emplementasi serta pengembangan berbasis komputer

Semester 7 & 8

Pada semester ini diberikan pemahaman mendalam tentang teknik transmisi dan distribusi, sistem tenaga untuk konsentrasi sistem tenaga listrik. Sedangkan untuk konsentrasi sistem tenaga listrik. Sedangkan untuk konsentrasi sistem isyarat elektronis membahas tentang kendali modern, pengolahan isyarat dan instrumen elektronis. Adapun untuk konsentrasi teknologi informasi dibahas hal-hal yang berkenaan dengan jaringan, perancangan basis data, rekayasa protokol& signaling serta arsitektur komputer. Masa kuliah diakhiri dengan Kerja Praktek, Kuliah Kesiapan Kerja (K3), Kewirausahaan dan Skripsi /Tugas Akhir.

 

Fasilitas

Laboratorium

  • Laboratorium Fisika
  • Laboratorium Elektronika
  • Labolatorium Instalasi
  • Laboratorium Kendali Berbasis PLC dan simulasi MATLAB
  • Labolatorium Telekomunikasi
  • Labolatorium Listrik Dasar
  • Labolatorium Teknologi Mekanik
  • Labolatorium Mesin Elektrik Terdiri dari mesin DC, AC dan generator
  • Labolatorium Proteksi
  • Labolatorium Komputer
  • Terdiri lebih dari 40 komputer PC IBM tersambung ke server dengan software seperti EDSA, ETAB, EMT, SPICE, MATLAB, PROTEL, ORCAD, dan Online Internet.

 

Perpustakaan

Berisi berbagai judul buku, jurnal dan majalah yang terkait dengan bidang Teknik Elektro

 

Prospek Lulusan

Lulusan Teknik Elektro baik yang program Sarjana maupun program Diploma sangat dibutuhkan oleh semua perusahan industri, jasa (hotel, mall, supermaket, dll). Disamping itu kelulusan Teknik Elektro menjadi sumber daya manusia utama pada PLN dengan bermacam jenis pembangkit listrik, perusahaan telekomunikasi seperti PT. INTI, TELKOM, INDOSAT dan sebagainya termasuk juga pada lembaga-lembaga pemerintah.

Tenaga Pengajar Teknik Elektro

  1. Prof. Dr. Ir. Rohani Jahja Widodo, MSc.EE. (Teknik Kendali)
  2. Prof. Dr. Soedjana Sapiie, MSc (Sistem Tenaga Listrik)
  3. Arif Basuki, ST.,MT. (Instrumen Elektronis)
  4. Dra. Aminah, Mag. (Agama Islam)
  5. Drs. Suparyanto, MT. (Pengaman Sistem)
  6. Drs. I Ketut Swakarma, MT. (Sistem Biomedis Elektris)
  7. Dulhadi, ST., MT. (Motor-motor Listrik)
  8. Ir. Budi Utama, MT. (Peralatan Tegangan Tinggi)
  9. Ir. Sugiarto, MT. (Optimal Kontrol)
  10. Ir. H. Iyus Rusmana, MT. (Pengolahan Isyarat Elektronis)
  11. Janny F. Abidin, ST., MT. (Sistem Distribusi Daya Listrik)
  12. Joko Prasojo, ST., MT. (Teknik Kendali)
  13. Ir. MIT. Retnanestri, MEng.Sc. Ph.D (Sistem Energi Terbarukan)
  14. Mytha Arema, ST., MT. (Teknik Telekomunikasi)
  15. Suharyanto, ST., MT. (Elektronika Daya)
  16. Mohammad Arsyad, ST. (Sistem Instalasi Listrik)
  17. Tugino, ST., MT. (Teknik Kendali Modern)
  18. Asniar Aliyu, ST., M.Eng. (Pengolahan Citra)
  19. Bernardus Agung Ridwan, ST., MT (Fisika Teknik)
  20. Diah Suwarti Widyastuti, ST (Sistem Iluminasi)
  21. Ir. Guswanto (Sistem Distribusi Daya Listrik)
  22. Ir. Purwantoro (Sistem Transmisi Daya Listrik)
  23. Sudiana, ST (Sistem Elektronika)
  24. Suyanta, ST (Sistem Komunikasi)
  25. Titin Nurani, ST.,MT (Teknik Kendali)
  26. Trie Handayani, ST (Sistem Komunikasi)
  27. Ir. Oni Yuliani, MT  (Ilmu Komputer)

Leave a reply