Mahasiswa ITNY Ciptakan Intellegent Cross Walk

15-07-19 Admin 0 comment

Kebiasaan menyeberang jalan sembarangan masih mengidapi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini menyebabkan pejalan kaki sering mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) merancang Intelligent Cross Walk.

Alat ini dirancang oleh tim mahasiswa ITNY yang diketuai oleh Oktaviani Madu Kentar, dengan anggota Achmad Ilyasa Septiansyah dan Mhd. Apriliansyah Anugrah Pratama dari Prodi Teknik Elektro ITNY. Proses perancangan Intelligent Cross Walk ini didanai melalui skema Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti.

Menurut Asniar Aliyu, selaku dosen pembimbing, alat ini diciptakan untuk membentuk mindset masyarakat agar semakin sadar akan keselamatan penyeberang jalan. “Alat ini nantinya ditargetkan untuk penyeberangan jalan di Jogja dan akan dipasang di sekitaran wilayah yang banyak dilalui penyeberang jalan, seperti di Malioboro,” terangnya.

Banyaknya zebra cross yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya menjadi keprihatinan Oktaviani Madu Kentar selaku ketua tim. “Prototype Intelligent Cross Walk telah kami buat, dan harapannya dapat membuat penyeberang jalan merasa aman”, jelas mahasiswi Teknik Elektro ini.

Temuan dari tim mahasiswa Teknik Elektro ITNY ini didukung penuh oleh pihak kampus. Menurut Wakil Rektor III ITNY Dr. Hill Gendoet Hartono, S.T., M.T., sejak berubah bentuk dari STTNAS menjadi ITNY, kampus berharap agar mahasiswa-mahasiswi ITNY terus berprestasi.

“Temuan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiwa ITNY terhadap keselamatan pengguna jalan”, pungkas Hill Gendoet Hartono.